40 Detik yang Berharga

Teman Sehat, tahukah kamu? Kalau kesehatan mental, merupakan salah satu masalah kesehatan yang mulai banyak diperbincangkan? Yap, ternyata kesehatan mental juga berpengaruh, loh pada kegiatan sehari-harimu. Nah, agar kesehatanmu tetap terjaga, yuk lakukan 40 detik yang beharga ini! Let’s check it out!

Kesehatan mental

Salah satu permasalahan kesehatan mental yang masih terjadi hingga saat ini yaitu tingginya angka kasus bunuh diri di dunia. World Health Organization (WHO) memprediksi setiap 40 detik terjadi 1 kasus kematian akibat bunuh diri. Bunuh diri merupakan penyebab kematian kedua pada kelompok usia 15-29 tahun. Tahukah kamu, 79% kasus bunuh diri terjadi di negara berpendapatan rendah dan menengah?

Mengapa 40 detik?

Kebanyakan kasus bunuh diri dipengaruhi oleh faktor depresi dan kurangnya peran keluarga. Oleh karena itu, salah satu cara yang ditempuh WHO untuk menurunkan kasus kejadian bunuh diri dengan menggalakan “40 Seconds of Action”. Tujuan nya yaitu:

  1. Meningkatkan kesadaran akan pentingnya kasus bunuh diri sebagai bagian dari isu dunia.
  2. Meningkatkan pengetahuan masyarakat umum, sehingga bisa ikut serta mencegah dan menurunkan terjadinya kasus bunuh diri.
  3. Mengubah stigma negatif yang berkembang di masyarakat terkait kasus depresi dan bunuh diri. Seharusnya kasus ini, ngga akan terjadi jika masyarakat saling membantu dan menyayangi satu sama lain.
  4. Melalui campaign ini, maka secara ngga langsung kamu menunjukkan rasa empati  dan anggapan “saya sendirian” itu ngga benar.
  5. Mengurangi kejadian kasus bunuh diri.

Aksi yang bisa kamu lakukan

  1. Luangkan waktu selama 40 detik untuk tanya kondisi orang-orang di sekitarmu. Hal ini disebabkan, setiap orang pasti memiliki masalah sendiri.
  2. Luangkan 40 detik untuk mencoba mendengarkan kondisi atau masalah yang sedang dialami orang terdekatmu. Jangan lupa dengarkan dengan baik dan solusi terbaik. Jangan berikan sikap yang acuh (tidak peduli) karena sesungguhnya ngga mudah bagi mereka untuk bercerita, khususnya masalah pribadi dan keluarga.
  3. Selama 40 detik berikan informasi mengenai kesehatan jiwa. Jangan lupa, sharing is caring, loh!
  4. Luangkan waktu 40 detik untuk memberikan pujian pada orang-orang sekitarmu. Ternyata, pujian bisa membangun mood baik seseorang dan ngga ada salahnya memberikan pujian sekecil apa pun. Orang disekitamu, pasti akan bahagia dan mendapat tambahan semangat untuk meneruskan aktivitas mereka.

Setiap kasus bunuh diri merupakan tragedi kelam dan tentunya akan mempengaruhi keluarga, teman, dan masyarakat. Selain itu, kasus ini juga berakibat panjang bagi orang-orang yang ditinggalkan. So, luangkanlah waktu 40 detik yang kamu miliki untuk lebih peduli dengan orang terdekat dengan melakukan aktivitas yang lebih bermanfaat, Teman Sehat! Jangan lupa bagikan artikel ini ke orang terdekatmu, ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *