5 Bahan Ini Bisa Mengurangi Plak Gigi oh!

Hai, Sahabat Sehat, memililki plak gigi tentu sangat mengganggu. Selain mempengaruhi kesahatan gigi dan mulut, plak gigi juga bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri kamu saat berbicara dengan orang lain. Tapi ngga perlu khawatir karena beberapa bahan ini telah diteliti bisa mencegah dan mengurangi plak gigi. Sebelum kamu semakin penasaran. Langsung saja, check it out!

5 bahan alami pencegah plak gigi
Foto: Unsp;ash.com

Buah Nanas

Mengunyah buah nanas yang segar bisa kamu coba untuk mencegah dan mengurangi plak gigi, loh! Terdapat empat kandungan senyawa bioaktif pada nanas, yaitu enzim bromelain, saponin, tannin dan flavonoid. Keempat senyawa ini bekerja sama untuk mencegah bakteri menempel pada pada gigi, serta dapat membunuh bakteri yang menyebabkan terbentuknya plak dan karies gigi.

Larutan Bunga Rosella

Mencegah plak gigi bisa dilakukan dengan cara berkumur dengan larutan bunga rosella. Kandungan polifenol pada bunga ini memiliki kemampuan sebagai antivirus, antioksidan dan antibakteri. Beberapa penelitian telah menujukkan bahwa polifenol pada bunga rosella mampu menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus sanguis yang merupakan pemicu terbentuknya plak gigi dan permasalahn kesehatan gigi lainnya.

Sari Tomat

Tomat merupakan bahan makanan yang mudah untuk didapatkan dan ternyata juga bisa menjadi solusi untuk mencegah plak gigi. Berkumur dengan sari tomat secara rutin selama 7 hari, bisa menurunkan risiko terjadinya plak gigi. Hal ini terjadi karena kandungan tannin dan flavonoid pada tomat bisa menghambat pertumbuhan bakteri penyebab utama terbentuknya plak.

seduhan teh hijau menghilangkan plak gigi
Foto: Unsplash.com

Seduhan Teh Hijau

Penggunaan obat kumur antiseptik yang mengandung alkohol ngga disarankan dilakukan dalam jangka panjang. Solusinya, pemilihan bahan alami sebagai obat kumur seperti seduhan teh hijau bisa kamu terapkan untuk mencegah plak. Katekin yang terdapat dalam seduhan teh hijau bisa mencegah pembentukan plak denga dua cara, yaitu dengan membunuh bakteri penyebab timbulnya plak dan menurunkan aktivitas enzim glikosiltransferase dari bakteri. Enzim glikosiltransferase merupakan enzim yang dihasilkan bakteri untuk mengubah gula menjadi plak, sehingga bakteri dapat bersarang pada plak tersebut.

Mengunyah Apel

Beberapa kalangan menyebut buah apel sebagai sikat gigi alami, karena kemampuannya yang membantu membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan yang masih tertinggal di mulut. Mengunyah buah apel bisa membantu mencegah dan mengurangi plak dengan cara merangsang gusi meningkatkan produksi air liur. Selain itu, juga memiliki kandungan tannin yang membantu untuk mencegah perkembangan bakteri penyebab plak. Kandungan asam maleat pada apel juga bisa memutihkan gigi kamu, loh!

Menjaga kesehatan gigi dan mulut itu penting loh, karena beberapa penyakit bisa bersumber dari buruknya kesehatan gigi dan mulut. Bahan-bahan di atas bisa membantu kamu untuk mencegah dan mengurangi plak. Tapi perlu diingat, menggosok gigi secara rutin 2 kali sehari juga perlu selalu kamu terapkan. Semoga sehat selalu Sahabat Sehat!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Uji Efektivitas Antibakteri Perasan Jus Buah Nanas (Ananas comosus) Terhadap Pertumbuhan Isolat Bakteri Plak Gigi di Puskesmas Kecamatan Tanah Abang Periode April 2017. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biogenesis/article/view/3532. Diakses Pada 11 Desember 2021

Efektifitas Berkumur dengan Larutan Teh Rosella dalam Menghambat Plak Gigi Serta Mempercepat Penyembuhan Gingivitis Pasca Scaling.
http://ejournal.poltekkesaceh.ac.id/index.php/an/article/view/32.
Diakses pada 11 Desember 2021

Efek Berkumur Sari Buah Tomat (Solanum lycopersicum L.) Terhadap Indeks Plak Gigi
https://journal.maranatha.edu/index.php/sod/article/view/1784.
Diakses Pada 11 Desember 2021

Pengaruh Berkumur Seduhan Teh Hijau dalam Menurunkan Indeks Plak Gigi Anak Siswa SD Inpres Antang Ii Makassar
http://journal.poltekkes-mks.ac.id/ojs2/index.php/mediagigi/article/view/1580.
Diakses Pada 11 Desember 2021

Efektifitas Mengunyah Buah Apel dan Buah Bengkoang Terhadap Penurunan Indeks Plak Pada Murid Sekolah Dasar.
http://ejournal.poltekkesaceh.ac.id/index.php/an/article/view/58.
Diakses Pada 11 Desember 2021

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.