5 Zat Gizi Ini Cuma Bisa Kamu Dapat dari Produk Hewani loh!

produk hewani

Teman Sehat, sudah taukan bahwa produk hewani mencakup banyak makanan? Yap! Mulai dari daging serta turunannya (keju, telur, susu), ikan, hingga makanan laut.

Taukah Teman Sehat, ada beberapa zat gizi yang cuma bisa kita dapat dari produk hewani? Nah ini dia!

1. Vitamin D

Vitamin D menupakan zat gizi yang mempunyai fungsi yang sangat  penting. Kekurangan vitamin D berhubungan dengan berbagai penyakit diantaranya osteoporosis, depressi,  penyakit jantung dan kanker.

Vitamin D diproduksi ketika kolesterol didalam kulit terkena sinar matahari. Sebagian besar orang kekurangan vitamin karena kurangnya paparan sinar matahari. Jika sinar matahari kurang didapatkan, maka untuk memenuhi kebutuhan vitamin D di dapatkan dari makanan.

Ada dua bentuk utama vitamin D dari makanan yaitu Ergocalciferol (vitamin D2) dan Cholecalciferol (vitamin D3). Vitamin D2 berasal dari tumbuhan, sedangkan vitamin D3 berasal dari hewan. Vitamin D3 lebih efektif bagi tubuh dibandingkan dengan vitamin D2.

2. Zat besi heme

Zat besi heme adalah salah satu jeni zat besi yang hanya ditemukan di daging. Heme lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan non-heme yang didapatkan dari tumbuhan. Zat besi merupakan mineral yang penting bagi tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, atau kurang darah, yang bisa menyebabkan lemah, letih, lesu, dan lunglai.

3. Vitamin B12

Vitamin larut air yang tidak ditemukan di produk nabati yang memiliki fungsi dalam  pembentukan sel sel darah dan fungsi otak. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia, gangguan fungsi otak, gangguan mental dan juga kerusakan permanen pada otak.

4. Kreatin

Krreatin berfungsi membentuk otot, memberi kektuatan dan daya tahan selama latihan. Kreatin hanya ditemukan pada hewan. Kebanyakan kreatin akan disimpan di otot, tetapi jumlah yang signifikan juga disimpan diotak.

5. Karnsoin

Karnosin adalah antioksidan  yang dismpan dalam otot dan otak. Zat gizi ini penting untuk fungsi otot. Zat gizi ini dapat mengurangi bahaya dari kenaikan gula darah dan mencegah penuaan.

Teman Sehat, cukup banyak kan zat gizi yang tidak bisa kita dapatkan dari tumbuhan dan hanya bisa didapatkan dari hewan? Yuk makan daging secara bijak, tidak kelebihan tapi juga tidak kekurangan. Tuliskan pendapatmu di kolom komentar ya! (agt&don)

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.