6 Tips Menyiapkan Belanjaan Segar Sebelum disimpan

Teman Sehat, setelah belanja biasanya apa yang kamu lakukan? Meninggalkannya di atas meja kemudian istirahat atau langsung membereskannya? Baiknya kamu langsung membereskannya ya, apalagi di saat pandemi ini, baiknya langsung mengganti baju dan menyimpan barang belanjaan. Tapi sebelum menyimpannya, yuk, simak tips menyiapkan bahan pangan segar! Let’s check it out!

1. Pisahkan belanjaan buah dan sayur dengan daging-dagingan

Teman Sehat, jangan lupa untuk memisahkan dua bahan segar ini ya. Bahkan saat kamu berbelanja, baiknya kantong belanjaannya dipisahkan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kontaminasi bakteri jahat yang ada di daging-dagingan mentah ke buah-buahan.

2. Pindahkan langsung bahan segar yang mudah rusak

Jika kamu membeli buah-buahan atau sayuran yang sudah dibersihkan, maka sebaiknya langsung simpan ke dalam kulkas, agar suhunya tetap terjaga dan ngga ada kesempatan bakteri jahat untuk berkembang. Hal ini juga berlaku pada daging-dagingan mentah dan makanan beku yang kamu beli.

3. Jangan mencuci bahan pangan yang akan disimpan

Tahukah kamu mencuci bahan pangan yang akan disimpan lama di kulkas, akan menyebabkan sayur atau buah mudah rusak? Seperti yang dijelaskan pada studi yang dipublikasikan oleh Virginia State University, mencuci akan menyebabkan bahan pangan segar lembab, sehingga mempercepat perkembangbiakan bakteri jahat unttuk merusak permukaan bahan pangan.

4. Pastikan tempat mencuci bahan pangan bersih

Jangan anggap remeh kebersihan wastafel mencuci bahan segar kamu, ya! Hal ini dikarenakan bahan pangan yang akan dibersihkan bisa terkontaminasi bakteri jahat yang ada pada bahan pangan sebelumnya, sehingga bisa menyebabkan sakit perut maupun risiko penyakit lainnya. Sebaiknya bersihkan wastafel dengan sabun dan air mengalir.

5. Cuci bahan pangan segar yang langsung diolah

Jika kamu ingin langsung mengolah atau mengonsumsi bahan segar yang baru dibelanjakan, baiknya lakukan pencucian menggunakan air mengalir. Cucilah semua bahan pangan pangan, termasuk buah dengan ukuran yang besar.

Saat mencuci, sebaiknya jangan menggunakan sabun maupun larutan lainnya, karena bahan pangan segar memiliki pori-pori yang bisa menyerap bahan-bahan tersebut, sehingga meninggalkan zat sisa (residu) yang kurang baik bagi tubuh.

6. Simpan bahan pangan mentah yang ngga diolah

Saat memasak, bahan pangan segar yang sudah kamu potong ngga digunakan semua? Ngga perlu khawatir, kamu bisa menyimpannya di dalam kulkas untuk digunakan kembali. Tapi ingat ya, sebelum menyimpannya di kulkas, sebaiknya bungkus bahan segar tersebut di pada palstik atau wadah plastik tertutup. Hal ini dilakukan untuk menghambat proses pelayuan sayur dan menghindari kontaminasi bakteri jahat dari bahan lain.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan setelah berbelanja dan sebelum menyimpan bahan pangan agar tetap awet. Teman Sehat, kamu bisa membuat stok bahan pangan segar tetap awet dengan melakukan beberapa hal ini. Selamat mencoba!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *