Tips Memilih Buah, Sayur dan daging-dagingan saat Berbelanja

Teman Sehat, sudah sore, nih! Biasanya sore adalah waktu yang tepat untuk berbelanja, karena sayuran segar baru saja datang. Jika saat ini keadaanmu ngga memungkinkan untuk berbelanja bahan pangan segar melalui aplikasi online, kamu ngga perlu khawatir! Walaupun dengan keadaan harus menjaga jarak (physical distancing), kamu juga perlu memperhatikan sayur dan buah yang akan dibeli, loh! Yuk, simak tips memilih bahan segarnya di sini!

1. Buah dan Sayur

Saat memilih buah dan sayur yang akan kamu beli, sebaiknya lihatlah permukaan kulit buah atau sayur telebih dahulu. Pilihlah sayur yang ngga ada lebam maupun luka pada kulitnya. Hal ini dikarenakan sayur atau buah yang memiliki luka pada permukaan kulitnya, akan mudah busuk sehingga ngga bisa disimpan dalam waktu lama.

Perhatikan juga kenampakan buah dan sayur. Jangan dipilih jika sayur atau buah nampak layu atau kisut. Ini menandakan bahwa bahan pangan ngga segar dan sudah tersimpan lama, karena kandungan air yang tersimpan sudah mulai menghilang. Selain itu perhatikan juga warnanya. Pilihlah warna yang cerah sesuai dengan ciri kematangannya yang terdaftar pada list ini.

Jika ngga memungkinkan untuk kamu membeli sayur yang segar atau saat membeli kurang teliti mendapatkan sayur yang lebam, jangan panik. Segeralah olah bahan makanan itu dan pisahkan dengan bahan pangan segar lainnya, agar kebusukannya ngga menular.

2. Ikan

Saat membeli ikan, apakah kamu lebih suka membeli ikan yang masih hidup atau ngga? Jika masih hidup, kamu perlu memperhatikan cirinya. Belilah ikan yang gerakannya gesit, dikarenakan ikan yang gesit menandakan ikan masih segar.

Untuk ikan yang ngga hidup, kamu bisa melihat dari bola matanya. Pilihlah bola mata yang cembung, cemerlang dan korneanya (bagian matanya) masih bening. Lihatlah insangnya, warnanya merah segar. Selain itu, masih ada lendir alami yang menutupi permukaan ikan dan warna kulitnya belum pudar. Sisik ikan pun masih kuat dan mengikat. Jika ditekan, dagingnya terasa kenyal dan ngga berbekas.

3. Daging unggas

Saat membeli daging gunggas perhatikanlah beberapa hal berikut, seperti kulit luarnya bersih dan kering. Warna daging dan lemaknya putih kekuningan dengan posisi lemak yang masih merata di bawah permukaan kulit. Aromanya segar, ngga amis dan ngga asam.

Teksturnya kenyal, jika ditekan dengan jari akan kembali ke posisi semula. Selain itu daging yang sudah ditiriskan, ngga akan berdarah. Kalau kamu membelinya dalam keadaan hidup, perhatikanlah matanya. Pilihlah unggas yang sehat dan matanya ngga tertutup.

4. Daging Sapi

Untuk daging sapi, inilah beberapa hal yang perlu kalian perhatikan, seperti aromanya khas daging segar, warna dagingnya merah, lemaknya berwarna kuning dan ototnya berserat halus. Perbedaan daging sapi dengan daging kerbau yaitu warnanya lebih tua, lemaknya lebih keras, dan ototnya agak kasar.

Nah itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat berbelanja di pasar tradisional maupun pasar swalayan. Ingat ya, jangan pernah terhanyut dengan sale yang diberikan, sehingga banyak bahan yang dibeli, karena masih banyak yang ingin membelinya. Jika kamu tetap ingin belanja online, tenang saja mereka sudah menggunakan standar yang lebih baik dari yang sudah dibahas, Teman Sehat!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *