Ajak Murid Olahraga Di Kelas, Kenapa Ngga?

Teman Sehat, seberapa sering sih, kamu berolahraga saat di sekolah? Yap, buat kamu yang suka berolahraga dan aktif di ekskul olahraga, mungkin udah biasa dengan aktivitas fisik yang satu ini. Tapi, buat yang lain, bagaimana ya?

Apalagi di zaman serba canggih seperti sekarang, sebagian siswa sekolah lebih memilih ‘mabar’ atau main bareng game online di ponsel masing-masing saat jam istirahat. Padahal, olahraga itu penting banget loh! Ngga cuma bisa bikin tubuh jadi sehat dan kuat, tapi juga bisa meningkatkan kemampuan belajar.

Mau tau penjelasannya? Let’s check it out!

Benar ngga ya, bisa meningkatkan kemampuan belajar?

Hasil sebuah penelitian di Inggris tentang hubungan aktivitas fisik dan performa akademik siswa di sekolah, menyatakan bahwa siswa yang melakukan aktivitas fisik, memiliki peningkatan performa akademik. Khusus untuk anak perempuan, peningkatan signifikan terjadi pada pelajaran sains.

Aktivitas ini, dilakukan selama 15 menit perharinya dengan tingkatan sedang-berat. Walaupun begitu, para peneliti berpendapat bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi dan memahami penelitian ini.

Dilansir dari medicaldaily, penelitian serupa di Amerika juga menyatakan bahwa latihan aerobik seperti lari atau joging bisa mendorong pertumbuhan sel-sel otak yang baru dan meningkatkan memori dan kemampuan untuk belajar.

Latihan ini juga bisa meningkatkan jumlah oksigen ke otak, sehingga meningkatkan kemampuan zat kimia bermanfaat di dalam otak dan juga melindungi sel-sel otak.

Olahraga yang bisa guru lakukan bersama murid di kelas

Untuk meningkatkan aktifitas fisik siswa di kelas, guru bisa mengajak melakukan olahraga sebelum kelas dimulai. Sebelum mencoba latihan-latihan ini, pastikan ngga ada murid yang memiliki kondisi kesehatan tertentu ya! Yuk, simak jenis olahraganya!

1. Sky reaches

Yaitu gerakan yang seakan-akan ingin menggapai langit. Gerakan ini dilakukan dengan cara: berdiri, ayunkan lengan ke atas, jinjitkan kaki, rentangkan tangan seakan-akan menggapai langit, tahan 15 detik, dan kembali ke posisi awal. Lakukan hal ini sebanyak 3 kali.

2. Shoulder blasts

Gerakan ini, banyak menggunakan bahu dan lengan sebagai pusat pergerakannya. Kamu bisa memulainya dengan cara: merentangkan tangan, kemudian buat gerakan melingkar ke depan (mulai dengan lingkaran kecil, lalu lingkaran yang lebih besar) dan lakukan arah sebaliknya.

Lalu selanjutnya, kamu bisa mengangkat lengan ke depan tubuh dan gerakkan lengan ke atas ke bawah. Selain itu, angkat lengan ke atas, lalu gerakan mereka seperti wiper kaca mobil, dan terakhir lakukan gerakan seperti memompa ke atas. Kamu bisa melakukan gerakan ini, maksimal 10 kali.

3. Squats

Kamu bisa melakukan gerakan jongkok ini, dengan cara: berdiri dengan kaki sedikit lebih lebar dari bahu, tekuk lutut dan jongkok sampai paha sejajar dengan lantai, kembali ke posisi semula. Kamu bisa melakukan gerakan ini, maksimal 10 kali.

4. Star jumps

Lompat membentuk bintang, siapa takut? Kamu bisa melakukannya dengan cara: jongkok sampai paha sejajar dengan lantai, lompat dengan posisi tangan dan kaki terrentang seperti bentuk bintang, kembali ke posisi jongkok. Kamu bisa melakukan gerakan ini, maksimal 10 kali.

Nah, mudah kan? Kamu bisa melakukan hal ini sebelum pelajaran dimulai atau saat mereka sedang bosan. Yuk, tetap aktif dan semangat selama belajar! Selamat mencoba! Jangan lupa share pengalaman kamu di kolom komentar ini, ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *