Inilah 4 Manfaat Markisa yang Perlu Kamu Tahu!

Teman Sehat, apakah kamu pernah mengonsumsi passion fruit? Yap, passion fruit atau markisa merupakan buah berbentuk bulat yang memiliki biji berselaput kuning atau putih. Jenis buah ini di Indonesia yaitu markisa kuning (Passiflora flavicarpa) dan markisa ungu (Passiflira edulis). Perbedaan keduanya dari segi rasa yaitu buah yang berwarna kuning lebih masam dibandingkan dengan ungu.

Sayangnya, banyak orang yang mengonsumsi buah ini tanpa bijinya. Padahal, biji buah ini bisa dikonsumsi dengan menambahkannya ke salad, saus, atau sebagai topping es krim. Dalam artikel yang dipublikasikan oleh Journal of Agricultural Food and Development (2018), menyebutkan bahwa biji buah ini bisa menjadi bahan pangan fungsional untuk meningkatkan kesehatan, sehingga konsumsi buah markisa beserta bijinya mempunyai manfaat yang optimal untuk kesehatan tubuh. Penasaran apa aja manfaatnya? Let’s check it out!

1. Mengontrol tekanan darah

Kamu tau ngga? Salah satu zat gizi mineral yang berperan dalam mengontrol tekanan darah adalah kalium. Buah markisa mengandung kalium yang berperan sebagai vasodilator (pelebar pembuluh darah) yang sangat penting  dalam mengatur tekanan darah. Konsumsi 1 porsi buah ini, bisa memenuhi ¼ kebutuhan kalium dalam sehari. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan natrium yang rendah, sehingga bisa mencegah terjadinya peningkatan tekanan darah.

2. Mencegah sembelit

Kandungan serat kasar pada biji markisa, lebih  tinggi dibandingkan dengan biji-bijian dari kacang-kacangan. Serat kasar berperan dalam mempertahankan jumlah air di dalam feses, sehingga akan mencegah kamu terkena sembelit.

3. Meningkatkan sensitivitas insulin

Kamu tau ngga? Ternyata senyawa piceatannol yang terdapat di dalam biji markisa bisa meningkatkan sensitivitas insulin, loh! Senyawa ini bisa membantu mengurangi terjadinya penyakit diabetes. Selain itu, kandungan serat pangan pada biji buah ini, juga bisa memperpanjang waktu penyerapan karbohidrat, sehingga meningkatkan senstivitas insulin dan mengurangi peningkatan kadar gula darah setelah makan.

4. Mengoptimalkan sistem imun

Tingginya kandungan vitamin C pada buah markisa, memiliki peran sebagai antioksidan yang bisa melindungi tubuh kamu dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Cara yang dilakukan yaitu, dengan merangsang aktivitas sel darah putih dari sistem pertahanan kekebalan tubuh. Selain vitamin C, kandungan beta karoten (zat warna kuning) dan polifenol pada buah ini juga bisa berfungsi sebagai antioksidan.

Nah, sekarang Teman Sehat sudah tahu, kan manfaat mengonsumsi markisa? Jadi, saat mengonsumsi buah ini, jangan sampai bijinya ngga dimakan juga, ya! Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung atau menambahkannya sebagai pelengkap makananmu. Semoga bermanfaat ya, Teman Sehat!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *