Benarkah Ada Diet Golongan Darah?

Hai, Teman Sehat! Tahukah kamu, kalau golongan darah bisa menentukan jenis diet? Yap, rekomendasi jenis makanan bisa disesuaikan dengan golongan darah, karena kalau ngga sesuai berbagai masalah bisa terjadi. Tapi, apakah hal ini benar? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Blood type diet, apa itu?

Yap, diet ini merupakan salah satu jenis diet yang bertujuan membentuk pola konsumsi dan hidup sehat. Diet ini memberikan rekomendasi makanan apa yang baik dikonsumsi berdasarkan tipe golongan darah kamu. Apabila kandungan lektin (protein pengikat gula) pada makanan yang dikonsumsi ngga sesuai dengan golongannya, bisa memunculkan masalah pada pencernaan.

Pilihan makanan sesuai tipe mu

  • Golongan darah A, disebut sebagai vegetarian diet yaitu banyak mengonsumsi pangan sumber karbohidrat dan rendah lemak. Golongan ini sesuai dengan diet vegetarian yang kaya akan protein nabati, sayur, juga buah-buahan. Mengapa vegetarian? Dikarenakan seseorang yang bergolongan darah A dinilai sulit mencerna protein hewan.
  • Golongan darah B, dikenal dengan balance diet, yaitu bisa mengonsumsi daging, gandum, buah, dan ikan. Beberapa jenis bahan pangan yang biasanya dihindari yaitu daging ayam, jagung, dan kacang-kacangan.

Tipe golongan darah ini mempunyai sistem imun yang kuat dan mudah beradaptasi dengan perubahan lingkungan. Tingginya sistem imun tubuh, ternyata bisa membuat kecenderungan penyakit autoimun. So, tetap jaga daya tahan tubuh dengan baik ya!

  • Golongan darah AB, dikenal dengan mixed diet, karena fleksibel sehingga bisa menyesuaikan dengan segala jenis bahan pangan. Beberapa pilihan makanan yang bisa dikonsumsi seperti olahan susu, sayur, buah, dan seafood. Tapi, ada anjuran untuk menghindari konsumsi daging ayam, jagung, dan kacang merah.
  • Golongan darah O, disebut sebagai high protein diet, yaitu mengonsumsi makanan dan minuman rendah karbohidrat seperti tepung dan jagung serta tinggi protein seperti seafood, ikan, daging, dan kacang-kacangan. Tipe darah ini adalah tipe tertua, sehingga orang bergolongan darah O dinilai memilki kekuatan ketahanan alami dari infeksi virus layaknya manusia terdahulu.

Sudah efektifkah?

Seperti yang kamu tahu, setiap tipe golongan darah memiliki kecenderungan terkena penyakit tertentu. Makanan yang dikonsumsi juga memengaruhi kondisi kesehatan ‘kan? So, pilihan makanan yang dikaitkan dengan tipe golongan ini bertujuan untuk menyesuaikan dan memberikan pilihan sesuai karakteristiknya.

Namun, beberapa ahli gizi menyatakan bahwa diet ini kurang tepat karena setiap orang membutuhkan zat gizi sesuai umur, jenis kelamin, tingkat aktivitas, dan kebutuhan lainnya. Ngga semata-mata hanya mendasarkan pada golongan darah.

Prinsip sebenarnya yaitu mengatur pola makan dan memilah jenis makanan sesuai dengan kondisi kesehatan. Studi yang dilakukan oleh Journal of American Society for Clinical Nutrition menunjukkan belum adanya bukti terbaru terkait hal ini.

Berhasilnya diet ini pada beberapa orang, bisa jadi belum cocok buat kamu. So, kamu perlu mengonsultasikan hal ini kepada ahlinya agar bisa deaplikasikan dengan maksimal. Jangan sembarang memilih dan memutuskan diet atau sekadar mencoba mengikuti tren, ya Teman Sehat! Tetap semangat ya, kesehatan mu lebih penting dari apapun! Keep Healthy and Happy!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *