Konsumsi Makanan Ini Sebelum Donor Darah!

Apakah Teman Sehat sering atau berniat melakukan donor darah? Kegiatan kemanusiaan ini merupakan cara untuk membantu orang-orang dengan gangguan penyakit tertentu. Namun, setelah melakukan donor darah, biasanya tubuh mengalami pusing, lemas, dan mata berkunang-kunang. Sebenarnya gejala tersebut wajar kok, tapi kamu bisa mengantisipasinya dengan konsumsi makanan ini sebelum melakukan donor darah. Efeknya pun bisa berkurang, loh! Yuk, simak jenis-jenisnya di sini!

Makanan kaya akan zat besi

Setelah donor darah, kamu akan kehilangan banyak zat besi. Hal inilah yang menyebabkan gejala pusing dan mata berkunang-kunang. Zat besi berperan dalam pembentukan hemoglobin di sel darah merah. Hemoglobin bertugas mengikat oksigen dari paru-paru untuk disebarkan ke seluruh tubuh melalui darah. Jika tubuh kekurangan zat besi, asupan oksigen di seluruh tubuh ngga akan cukup untuk melakukan metabolisme. Parahnya, kondisi ini bisa berpotensi menyebabkan anemia.

La Sangre, Donación, Dan

Makanan sumber zat besi terbagi menjadi 2 yaitu sumber zat besi heme dan zat besi non-heme. Zat besi heme berasal dari hewani, sengakan non-heme berasal dari nabati. Contoh makanan sumber zat besi heme adalah daging, telur, ikan, dan hati. Sedangkan sumber zat besi non-heme adalah kacang-kacangan, sayuran hijau (bayam, brokoli, buncis), buah-buahan (strawberry, semangka, kismis), roti, dan sereal.

Makanan sumber vitamin C

Photo of Sliced Kiwi, Lemon, and Orange Fruits

Konsumsi vitamin C berfungsi membantu penyerapan zat besi dalam tubuh agar semakin maksimal. Terutama untuk zat besi yang berasal dari nabati atau sumber zat besi non-heme. Vitamin C membantu mengurangi terbentuknya zat-zat yang bisa menghambat terjadinya penyerapan zat besi. Sumber makanan yang mengandung vitamin C diantaranya mangga, jeruk, kiwi, nanas, strawberry dan blueberry.

Minum air

Hampir setengah komposisi darah merupakan air. Oleh karena itu, penting untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi sebelum melakukan donor darah. Jika tubuh kekurangan cairan selama melakukan donor darah, tekanan darah akan mengalami penurunan dan menyebabkan rasa lemas.

Woman Drinking WaterAmerican Red Cross menyarankan, setidaknya meminum 480 mL atau 2 gelas air sebelum melakukan donor darah. Kamu juga disarankan untuk meminum segelas air setelah melakukan donor.

Nah, itu dia jenis-jenis makanan yang baik dikonsumsi sebelum donor darah. Jangan lupa hindari makanan berlemak, berkafein, dan beralkohol ya. Pastikan juga kamu sedang dalam kondisi sehat. Jangan lupa bagikan informasi bermanfaat ini ke orang-orang sekitar kamu!

Selamat Hari Palang Merah Indonesia!

Editor & Proofreader: Mega Kurniawati, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *