Benarkah Makan Larut Malam bisa Menambah Berat Badan?

Teman Sehat, pernah ngga kamu merasa lapar di tengah malam? Tapi, saat mau makan tiba-tiba kepikiran takut gendut. Memangnya ada hubungannya ya, makan malam dengan kenaikan berat badan? Mau tahu penjelasannya? Yuk, simak di sini!

Jam biologis tubuh

Tahukah kamu, dalam studi yang dipublikasikan oleh National Institute of General Medical Sciences menyatakan bahwa makan pada malam hari bertentangan dengan ritme jam biologis tubuh.

Malam hari merupakan waktu yang tepat bagi tubuh untuk untuk istirahat. Pendapat ini didukung oleh studi yang dilakukan oleh Northwestern University, USA yang menyatakan hal yang sama pada hewan ujinya.

Benarkah begitu?

Tahukah kamu, ngga semua hasil penelitian mendukung gagasan ini, loh! Sebuah studi yang dilakukan pada lebih dari 1.600 anak-anak, ternyata ngga menemukan adanya hubungan antara makan setelah jam 8 malam dan kelebihan berat badan.

Penelitian lain juga dilakukan dengan mengamati kebiasaan makan dari 52 orang dewasa. Ternyata, orang yang makan lebih dari jam 8 malam, cenderung mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang makan lebih awal. Kalori ekstra inilah yang bisa memicu penambahan berat badan seiring dengan berjalannya waktu.

Cenderung makan lebih banyak

Kecenderungan seseorang yang makan lebih malam, akan menerima asupan kalori lebih banyak. Terlepas waktunya yang berbeda, asupan kalori yang lebih banyak, cenderung menyebabkan penambahan berat badan.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Northwestern University, Chicago, waktu makan seseorang yang berdekatan dengan jam tidurnya, akan mengonsumsi lebih banyak kalori daripada mereka yang makan lebih awal. Studi lain menemukan bahwa seseorang yang makan antara jam 11 malam dan 5 pagi mengonsumsi sekitar 500 kalori lebih banyak per harinya.

Pilihlah makanannya

Tenyata, seseorang yang makan larut malam, cenderung memilih konsumsi makanan yang lebih buruk, loh! Pada malam hari, kamu akan lebih sering memilih makanan yang ngga sehat dan padat kalori.

Sebuah studi menunjukkan bahwa pekerja malam cenderung mengonsumsi makanan yang ngga sehat. Hal ini bisa disebabkan kurangnya pilihan yang tersedia di tempat kerja pada malam hari.

Selain itu, kelelahan juga berkaitan dengan peningkatan asupan makanan dan keinginan untuk mengonsumsi makanan berkalori tinggi. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon yang memengaruhi nafsu makan saat kurang tidur.

Teman Sehat, dalam hal penambahan berat badan, jenis makanan yang dikonsumsi lebih penting daripada waktunya. Jika kamu makan sesuai kebutuhan kalori harian, berat badanmua ngga akan bertambah. Punya saran dan pendapat yang berbeda, kamu boleh share di kolom komentar, ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *