Green Coffee bisa Menurunkan Berat Badan, Benar Ngga ya?

Teman Sehat, pernah minum kopi hijau atau green coffee? Kalau teh hijau, pasti kamu pernah mencicipinya. Katanya, kopi hijau punya manfaat yang sama loh, dengan teh hijau, yaitu menurunkan berat badan. Tapi benar ngga ya, konsumsi kopi hijau bisa menurunkan berat badan? Mau tau jawabannya? Yuk simak penjelasannya di sini!

Apa sih, kopi hijau?

Kopi hijau merupakan biji kopi yang belum melewati porses pemanggangan atau penyangraian. Seperti yang kamu tau, biji kopi dipanen saat kulitnya bewarna merah. Biji kopi yang udah dipisahkan dari daging buahnya, kemudian dikeringkan sehingga warnanya kehijauan.

Nah, biji kopi inilah yang disebut sebagai kopi hijau atau green coffee. Sebutan ini, berlaku bagi semua varietas kopi, seperti arabika, excelsa/liberika atau robusta. Kopi hijau punya aroma yang ngga sekuat kopi biasanya, karena biji kopi ini ngga melewati proses pemanggangan yang bisa menambah aroma khas kopi.

Ini loh, zat yang bisa membuat tubuh  ‘langsing’

Menurut American Chemical Society, kopi hijau bisa memberikan efek penurunan berat badan pada tubuh. Hasil penelitian yang dilakukan pada sekolompok orang dengan berat badan berlebih, yang diwajibkan mengonsumsi 1 ons kopi hijau setiap harinya yaitu berat badan dapat turun sampai 10% dari berat badan awal.

Menurut para peneliti, zat yang membantu proses penurunan berat badan pada kopi hijau yaitu, asam klorogenat. Zat ini, masih terkandung pada biji kopi yang ngga melalui proses pemanggangan. Jika kopi melalui proses pemanggangan pada suhu sekitar 240-250 C° (464-482°F).

Gimana ya, cara kerjanya?

Zat asam klorogenat merupakan senyawa kimia yang punya sifat antioksidan dan punya manfaat bagi tubuh, seperti membantu menurunkan berat badan. Zat ini akan membantu tubuh buat mempercepat pembakaran lemak dan memperlambat pelepasan glukosa (gula sederhana) dari aliran darah.

Proses ini menyebaban ketahanan insulin menurun, sehingga bisa mencegah kenaikan berat badan. Ngga cuma membantu menurunkan berat badan, loh! Asam klorogenat juga bisa menghambat atau mematikal sel kanker, sebagai antidaibetes,  antivirus hepatitis B, dan antihipertensi.

Nah, sekarang kamu udah tau kan manfaat green coffe? Kamu boleh mengonsumsi green coffee sebagai salah satu cara menurunkan berat badan. Tapi ingat ya, tetap konsumsi sesuai dengan kebutuhan dan terapkan Prinsip Gizi Seimbang (PGS) agar program penurunan badan kamu tetap sehat. Jangan lupa ya, berikan komen di bawah ini setelah kamu mecoba green coffee, Teman Sehat!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.