Hari Anti Narkotika Internasional 2024: Investasilah dalam Pencegahan

Penyalahgunaan narkotika merupakan salah satu fokus kegiatan dari PBB. Hal ini disebabkan karena narkotika memberikan dampak pada munculnya permasalahan global yang melibatkan kehidupan jutaan orang di seluruh dunia. Beberapa diantaranya, yaitu individu yang berjuang melawan gangguan penggunaan narkotika, komunitas perdagangan narkotika, hingga kejahatan terorganisir yang melibatkan narkotika. Oleh sebab itu, PBB meresmikan 26 Juni sebagai International Day against Drug Abuse and Illicit Trafficking atau Hari Anti Narkotika Internasional.

anti narkotika
Foto: Freepik.com

International Day against Drug Abuse and Illicit Trafficking 2024

Hari Internasional Menentang Penyalahgunaan dan Perdagangan Gelap Narkoba disebut juga sebagai Hari Anti Narkotika Internasional, diperingati pada tanggal 26 Juni setiap tahun untuk meningkatkan aksi kepedulian dan kerja sama dalam mencegah penyalahgunaan narkotika. Kampanye Hari Anti Narkotika Internasional 2024 berfokus pada efektifitas pencegahan penyalahgunaan narkotika yang berlandaskan pada ilmu pengetahuan dan nilai-nilai imiah, dengan memperhatikan hak asasi manusia, mengingat penyalahgunaan narkotika seringkali melibatkan banyak lapisan masyarakat.

The evidence is clear: invest in prevention

Bertemakan “The evidence is clear: invest in prevention” Hari Hari Anti Narkotika Internasional 2024 bertujuan untuk memutus rantai permasalahan yang disebabkan karena penyalahgunaan narkotika, dimulai dengan melakukan upaya pencegahan. Upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba berbasis bukti, diharapkan dapat melindungi masyarakat, sekaligus memberantas perdagangan gelap narkotika yang mengambil keuntungan dari kondisi masyarakat yang sedang terdampak.

Apa yang bisa kamu lakukan?

Ada lima hal yang bisa kamu lakukan. Hal pertama yang bisa dilakukan yaitu meningkatkan kesadaran. Sahabat Sehat perlu meningkatkan pemahaman tentang dampak negatif dari penyalahgunaan narkotika.

kampanye anti narkotika
Foto: Freepik.com

Kedua, yaitu melakuakn pemberdayaan masyarakat. Caranya dengan membekali masyarakat dengan sumber daya yang memadai dalam melakukan pencegahan terhadap penyalahgunaan narkotika.

Hal yang ketiga, yaitu dengan membangun dialog dan kolaborasi. Kamu bisa mempromosikan dialog dan kolaborasi untuk menumbuhkan lingkungan yang mendukung dalam berbagi pengetahuan dan inovasi.

Tahap keempat, Sahabat Sehat bisa melibatkan masyarakat. Caranya dengan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya keterlibatan dan partisipasi masyarakat dalam merancang dan melaksanakan program pencegahan penyalahgunaan narkoba yang efektif.

Hal yang terakhir, yaitu dengan memberdayakan pemuda. Saling berbagi ilmu pengetahuan, keterampilan, dan sumber daya antar pemuda, bisa dilakukan agar dapat mengadvokasi pencegahan penyalahgunaan narkoba.

 

Banyak sekali upaya yang dapat Sahabat Sehat lakukan untuk berperan dalam pencegahan penyalahgunaan narkotika. Yuk, mulai dari diri sendiri dan lingkungan, agar penyalahgunaan narkotika dapat dicegah dari akarnya!

Referensi

Anonim. 2024. International Day Against Drug Abuse and Illicit Trafficking. United Nations. https://www.un.org/en/observances/end-drug-abuse-day. Diakses Pada 23 Juni 2024.

Anonim. 2024. International Day against Drug Abuse and Illicit Trafficking. United Nations. https://www.unodc.org/unodc/en/drugs/index-new.html. Diakses Pada 23 Juni 2024.

Anonim. 2024. THE SECRETARY-GENERAL MESSAGE. United Nations in Bangladesh. https://bangladesh.un.org/en/272246-secretary-general-message-occasion-international-day-against-drug-abuse-and-illicit#:~:text=Speech-,THE%20SECRETARY%2DGENERAL%20MESSAGE%20ON%20THE%20OCCASION%20OF%20THE%20INTERNATIONAL,ILLICIT%20TRAFFICKING%2026%20June%202024&text=Evidence%2Dbased%20drug%20prevention%20programmes,that%20profit%20from%20human%20misery. Diakses Pada 23 Juni 2024.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.