Ini loh, Manfaat Jeruk Mandarin!

Halo, Teman Sehat! Kamu pasti sudah pernah mengonsumsi jeruk mandarin, ya kan? Pernah ngga sih, kamu membayangkan manfaat yang ada di dalamnya? Yap, ternyata jeruk yang diduga berasal dari negeri Cina ini, menyimpan banyak manfaat, loh! Yuk simak manfaat jeruk mandarin di sini!

Yuk, kenalan dengan si oranye!

Jeruk mandarin masih berada di keluarga yang sama dengan jeruk yang biasanya kamu konsumsi. Jeruk ini berada di bawah genus Citrus. Rasa jeruk ini, biasanya lebih manis dari jeruk jenis lainnya dengan ukuran yang lebih kecil (sekitar 40-80 milimeter). Kulitnya yang lebih tipis, membuat jeruk ini lebih mudah untuk di kupas.

Tipe jeruk ini,

Jenis jeruk ini ternyata banyak, loh! Jeruk Mandarin mempunyai tiga kelas; ada kelas Mandarin, kelas Tangerine, dan yang terakhir adalah kelas Satsuma. Setiap kelas juga masih punya tipe-tipenya masing-masing! Contohnya kelas Mandarin mempunyai beberapa tipe tersendiri; ada tipe Changsa, Oneco, dan Emperor.

Kandungan zat gizinya

Setelah berkenalan dengan jeruk ini, mari cari tahu manfaatnya! Jeruk merupakan salah satu sumber vitamin C. Seperti yang kamu tahu, vitamin C penting untuk beberapa fungsi tubuh, yaitu berperan dalam menyembuhan luka, mencegah flu, menjaga kesehatan reproduksi dan kekebalan tubuh.

Selain vitamin, zat gizi lain yang terkandung dalam jeruk jenis ini, yaitu karbohidrat total (13.3 gram), protein (0.8 gram), serat (1.8 gram), lemak (0.31 gram), mineral magnesium (12 mg), kalium (166 mg), tembaga (0.04 gr), dan zat besi (0.15 gr). Kandungan serat di dalam tubuh membantu

menjaga kesehatan sistem pencernaan. Sedangkan kandungan mineral seperti kalium (K) berperan dalam mengatur tekanan darah, magnesium (Mg) berperan dalam menjaga fungsi otak, saraf, otot dan kekuatan tulang. Zat besi (Fe) juga mempunyai manfaatnya sendiri untuk membentuk komponen sel darah merah dan membantu transportasi oksigen.

Katanya meningkatkan sistem imun,

Kandungan vitamin C pada jeruk mandarin, bermanfaat sebagai antioksidan. Antioksidan berperan dalam menangkal radikal bebas yang berasal dari polutan, logam berat, dan pestisida yang ada di lingkungan sekitar.

Selain itu, kandungan senyawa flavonoid dan fenolik juga memiliki sifat yang sama, loh! Vitamin ini juga bisa meningkatkan jumlah antibodi dalam darah, yang bertugas menghancurkan bakteri maupun virus.

Mengurangi risiko penyakit tertentu

Selain meningkatkan sistem imun, manfaat jeruk ini juga mengurangi risiko penyakit tertentu. Serat pangan yang terdapat di buah ini, ada dua jenis yaitu larut dan ngga larut. Serat larut bisa membantu tubuh dalam menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga bisa menurunkan risiko penyakit tertentu, seperti stroke dan serangan jantung.

Bagaimana mekanismenya? Serat larut saat berada di usus halus bisa mengikat komponen kolesterol jahat (LDL), mencegahnya sebelum memasuki aliran darah. Lalu, kolesterol jahat inilah yang dikeluarkan melalui feses.

Nah, itulah beberapa manfaat jeruk mandarin yang perlu kamu tahu. Sekarang, apakah kamu menjadi lebih tertarik untuk mengonsumsinya? Yuk, mulai sekarang terapkan konsumsi makanan yang bergizi dan beragam! Jika bermanfaat jangan lupa like, comment dan share, ya Teman Sehat!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *