Inilah 5 Alasan Mengapa Jangan Asal Cium Bayi

Saat melihat wajah si kecil yang lucu, imut, dan menggemaskan, tentu tidak bisa menolak mencium atau mencubit pipinya. Akan tetapi, tindakan ini justru tidak boleh dilakukan demi kesehatan bayi. Jangan biarkan siapapun langsung menyentuh si kecil tanpa mencuci tangan atau membasuh muka. Si kecil masih rentan dengan berbagai hal penyebab penyakit yang salah satunya datang dari interaksi secara langsung.

mencium bayi
Foto: Pexels.com

Alasan Tidak Boleh Asal Cium Bayi

Masih banyak orang tua yang membolehkan kerabat atau rekannya mencium atau mencubit pipi bayi. Hal tersebut biasa dilakukan, namun harus mulai dibatasi. Bukan tanpa alasan, berikut adalah risiko yang dialami bayi jika banyak orang asal menciumnya.

Sistem Kekebalan Tubuh Masih Lemah

Sudah pasti jika sistem imun bayi masih lemah. Itulah alasannya mengapa bayi tidak boleh asal dicium atau dipegang, terlebih oleh orang yang tidak mencuci wajah dan tangan sebelumnya. Di beberapa minggu pertamanya, bayi yang baru lahir mengandalkan sistem antibodi ibunya sebagai imunitas sementara. Ketika berusia 2-3 bulan, barulah tubuhnya membentuk imunitas sendiri. Meski demikian, membatasi kontak langsung dengan bayi harus dilakukan hingga usianya menginjak 6 bulan.

Berisiko Terkena Herpes Simplex Tipe 1

Herpes simplex tipe 1 akibat infeksi HSV-1 termasuk salah satu risiko jika asal mencium bayi. Penyakit ini ditandai munculnya luka, lepuhan, serta ruam di bibir dan kulit. Bayi juga bisa mengalami demam, rewel, terlihat kesakitan, tidak mau minum susu, gusi bengkak dan merah, serta kemudian muncul benjolan di leher karena pembengkakan kelenjar getah bening.

mencuci tangan
Foto: Freepik.com

Berpotensi Mengalami ISPA

Infeksi saluran pernapasan akut atau yang disingkat ISPA lebih sering disebabkan oleh infeksi virus dan terkadang disebabkan oleh bakteri. Virus atau bakteri tersebut berasal dari air liur dan bisa ditularkan saat mencium bayi serta bersin atau batuk di dekat bayi.

Salah satu penyakit yang tergolong dalam ISPA, yaitu pneumonia atau radang paru. Penyebabnya, bisa berasal dari infeksi bakteri, virus, atau jamur. Selain melalui droplet air liur, penularan juga bisa terjadi lewat sentuhan tangan atau alat yang terkontaminasi. Gejalanya, yaitu batuk, sesak napas, demam, lemas, rewel, dan tidak mau minum susu.

Memicu PTKM

PTKM atau Penyakit Tangan Kaki Mulut biasanya dialami anak-anak yang berusia di bawah 10 tahun. Penularannya bisa lewat kontak fisik, seperti mencium atau memeluk. Penyakit tersebut meliputi demam, bisul, sariawan, dan ruam kulit di sekitar tangan, kaki, dan mulut.

Menyebabkan Sariawan Akibat Infeksi Jamur

Jamur Candida merupakan mikroorganisme normal di dalam mulut, kulit, dan saluran pencernaan orang dewasa. Saat seseorang mencium atau bersentuhan dengan bayi, jamur Candida bisa berpindah ke rongga mulut bayi. Jika terjadi, bayi akan mengalami sariawan yang membuat bayi jadi rewel dan enggan minum susu. Gejalanya, yaitu munculnya bercak atau lapisan putih di dalam mulut, lidah, langit-langit, dan gusinya.

Tips Melindungi Bayi dari Paparan Kuman atau Virus

Si kecil harus dilindungi dari paparan kuman yang utamanya berasal dari orang lain. Terapkan peraturan bahwa jangan asal mencium bayi, terutama bayi yang baru lahir hingga dua bulan pertama. Jika sungkan mengungkapkannya, katakan bahwa hal ini demi kesehatan bayi.

Jika kerabat ingin memegang bayi, maka izinkan hanya menyentuh area kaki saja. Meskipun demikian, tetap berikan peraturan untuk mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun sebelum menyentuh bayi. Jika tidak ada sabun setidaknya gunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol ke seluruh telapak tangan.

Bukan hanya kerabat yang berkunjung, Sahabat Sehat sendiri juga perlu membiasakan hal ini sebelum bersebtuhan dengan bayi. Selain itu, batasi juga waktu kunjungan agar kondisi dalam ruangan bayi tidak sesak dan terlalu banyak orang.

Referensi

Alodokter.com. 2022. Bunda, Jangan Biarkan Orang Lain Asal Cium Bayi Baru Lahir. https://www.alodokter.com/jangan-asal-cium-bayi-baru-lahir. Diakses pada 11 Mei 2024.

Alodokter.com. 2022. Hati-Hati, Ini Bahayanya Bila Bayi Sering Dicium. https://www.alodokter.com/setidaknya-ada-4-bahaya-bila-bayi-dicium. Diakses pada 11 Mei 2024.

Halodoc.com. 2023. 6 Bahaya Cium Bayi Sembarangan yang Jarang Diketahui. https://www.halodoc.com/artikel/6-bahaya-cium-bayi-sembarangan-yang-jarang-diketahui. Diakses pada 11 Mei 2024.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.