Keistimewaan Kolostrum yang Ngga Dimiliki Susu Formula

Hai, Sahabat Sehat, pernahkah kamu mendengar istilah kolostrum? Jika belum kamu perlu yuk simak informasi ini, terutama untuk calon ibu dan ayah. Kolostrum seharusnya merupakan asupan makanan pertama untuk bayi dan memiliki keistimewaan yang ngga dimiliki susu formula. Seperti apa keistimewaan itu, berikut ulasannya untuk kamu!

manfaat kolostrum bagi bayi
Foto: Freepik.com

Kenapa perlu ASI?

Air susu ibu atau bisa disingkat ASI merupakan makanan ideal dan utama yang diberikan kepada bayi. ASI memiliki kandungan gizi yang sangat lengkap serta dibutuhkan oleh bayi dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya.

ASI berperan besar dalam mencegah terjadinya gangguan kesehatan hingga risiko kematian pada bayi, karena kandungannya yang sangat pas dan dibutuhkan bayi. Oleh karena itu ASI dianggap sebagai makanan terbaik untuk bayi dan ngga bisa secara sempurna tergantikan oleh sumber makanan lainnya.

Kolostrum dan cara pemberiannya

Kolostrum merupakan bagian dari ASI yang dikeluarkan pada hari pertama setelah melahirkan, kolostrum kaya akan gizi serta memiliki kandungan antibodi yang bisa melindungi bayi serta meningkatkan imunitasnya. Jumlah kolostrum akan bertambah sampai mencapai komposisi ASI biasa/matur sekitar 3 sampai 14 hari.

Kolostrum dapat diberikan melalui praktik inisiasi menyusui dini (IMD) yaitu sekitar 30 sampai 60 menit setelah bayi dilahirkan. Metode IMD yang direkomendasikan saat ini, yaitu breast crawl (merangkak mencari payudara) ketika bayi dibiarkan di atas perut ibunya setelah dilahirkan supaya bisa merangkak sendiri untuk mencari puting ibunya serta menghisap sendiri tanpa bantuan.

Manfaat kolostrum ntuk Bayi

apa yang membuat kolostrum istimewa?
Foto: Freepik.com

Keistimewaan ASI adalah kandungan kolostrum yang terdapat didalamnya dan memiliki manfaat yang luar biasa, salah satunya membersihkan usus bayi saat baru lahir sehingga membentuk mekonium (feses pertama) sehingga siap untuk menerima ASI.

Kolostrum juga mengandung zat penangkal infeksi, protein yang tinggi, mineral (terutama natrium, kalium, klorida), serta vitamin larut lemak seperti A, D, E dan K. Pemberian Kolostrum sedini mungkin atau sekitar 30 menit setelah melahirkan akan membantu bayi untuk terhindar dari kemungkinan terserang gangguan pencernaan seperti diare, infeksi usus, dan penyakit lainnya.

Lactation massage bantu lancarkan ASI

Salah satu alasan rendahnya pemberian kolostrum pada bayi yaitu kolostrum yang diproduksi kurang atau ngga lancar. Jika kamu atau orang disekitar kamu mengalami kondisi ini maka bisa dicoba salah satu cara, yaitu lactation massage. Cara ini dilakukan dengan memijat kedua sisi tulang belakang selama 2-3 menit bisa menggunakan baby oil atau minyak pijat lainnya. Lactation massage dapat membantu untuk merangsang peningkatan hormon oksitosin dan prolaktin yang berperan pada kelancaran pemberian ASI.

Masih banyaknya anggapan yang salah tentang kolostrum membuat beberapa ibu lebih memilih untuk membuang kolostrum diawal karna warnanya yang keruh. Selain itu, ada pulaa pemahaman yang kurang tepat bahwa kolostrum berbahaya dan ngga baik untuk kesehatan bayi. Sekarang Sahabat Sehat sudah tahu kan tentang kolostrum? Jadi jangan sampai kamu beserta keluarga dan kerabat, khususnya yang akan menjadi orang tua melewatkan keistimewaan kolostrum untuk bayi. Semoga sehat selalu!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Tingkat Pengetahuan Ibu Nifas tentang Kolostrum dengan Motivasi Pemberian Kolostrum di Rumah Sakit Panembahan Senopati Bantul, Yogyakarta. . https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/JNKI/article/view/172 . Diakses Pada 13 April 2022

Efektifitas Lactaction Massage Terhadap Pengeluaran Kolostrum Pada Ibu Nifas. http://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/kebidanan/article/view/3520/pdf . Diakses Pada 13 April 2022

Hubungan   Pengetahuan   Ibu   Post   Partum   tentang   Manfaat Kolostrum dengan Pemberian Kolostrum pada Bayi Baru Lahir. https://www.jqwh.org/index.php/JQWH/article/view/13/15 . Diakses Pada 13 April 2022

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.