Kenali Gejala Wasir dan Atasi dengan Hidroterapi Sitz Bath

Hai Sahabat Sehat, rasa nyeri di area anus merupakan suatu hal yang sangat mengganggu dan bikin ngga nyaman. Banyak faktor yang menyebabkan timbulnya rasa nyeri tersebut seperti luka sekitar anus, hemoroid/wasir, pasca melahiran, dan operasi. Nyeri karena wasir dapat ditangani secara faramakologi yaitu dengan obat pereda nyeri dan secara non farmakologi, salah satunya dengan hidroterapi Sitz Bath. Apasih itu Sitz Bath? 

kurangi gejala wasir dengan hidroterapi Sitz Bath
Foto: Unsplash.com

Gejala Wasir

Hemoroid atau lebih dikenal wasir/ambien merupakan peradangan pada area rektum dan anus. Wasir dibedakan menjadi 2 jenis yaitu eksterna berupa pelebaran vena subkutan diluar dan interna berupa pelebaran di dalam anus. Gejela paling sering dialami yaitu adanya rasa nyeri, ngga nyaman saat beraktifitas atau buang air besar, timbul pendarahan saat bab, gatal dan iritasi disekitar anus serta timbulnya benjolan.

Manfaat Sitz Bath untuk Wasir

Sitz Bath merupakan salah satu teknik hidroterapi yang memiliki makna mandi rendam duduk. Dalam pengaplikasiannya kamu perlu duduk di bak yang berisi air hangat. Jenis hidroterapi ini memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya untuk mengurangi rasa nyeri karena wasir.

Beberapa penelitian melaporkan bahwa terapi Sitz Bath dapat menguragi rasa sakit saat ada luka di anus, hal ini karena air hangat yang digunakan untuk berendam dapat memberikan efek relaksasi pada spingfer anal internal yang menyebabkan penurunan tekanan pada area anus. Selain itu Sitz Bath juga dapat mengurangi rasa gatal, panas/terbakar, serta meningkatkan penyembuhan luka sehingga mencegah adanya infeksi dan sepsis pada wasir.

atasi wasir dengan terapi Sitz Bath.
Foto: Unsplash.com

Cara Menerapkan Sitz Bath

Pengaplikasikan atau penerapan terapi Sitz Bath sebenarnya sangatlah mudah dan alat yang digunakan juga dapat kamu jumpai dirumah tanpa harus mengeluarkan uang membeli barang baru. Alat yang perlu kamu persiapkan yaitu baskom besar atau bisa juga berupa ember dengan diameter sekitar 42 sampai 55 cm atau yang sekiranya cukup untuk kamu duduk.

Sedangkan langkah dalam penerapannya, yaitu diawali dengan panaskan air hingga mendidih atau dapat terlihat memiliki banyak uap. Kemudian, tuangkan air panas tersebut dalam ember dan tambahkan air dingin dari kran sampai suhunya berkisar antara 40˚C – 45˚C atau terasa hangat.

Lepaskan pakaian bawah dan bersihkan area genital dengan air mengalir dengan cara diusap. Setelahnya kamu dapat duduk seperti posisi ibu sedang melahirkan atau dorsal recumbent. Badan diposisikan senyaman mungkin supaya terasa rileks, nyaman dan nyeri dapat berkurang. Lakukan hidroterapi Sitz Bath selama 10-20 menit atau sampai air sudah dingin dan tidak hangat lagi.

Hidroterapi Sitz Bath pada dasarnya dilakukan untuk membantu proses penyembuhan atau mengurangi rasa nyeri saat mengalami wasir. Tapi, jika kondisi kamu terus mengalami penurunan atau merasakan nyeri yang semakin parah, segeralah menghubungi dokter. Terapi ini juga bisa dikombinasikan dengan terapi obat yang diberikan dokter, semoga sehat selalu. Sahabat Sehat!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP
Referensi

Aplikasi Hidroterapi Sitz Bath Terhadap Penurunan Intesitas Nyeri Pada Pasien Post Hemoroidektomi. Http://Eprintslib.Ummgl.Ac.Id/2920/1/18.0601.0025_Bab%20i_Bab%20ii_Bab%20iii_Bab%20v_Daftar%20pustaka%20-%20rika%20cahya%20endah%20sari.Pdf. Diakses Pada 15 Mei 2022.

Comparative study of conservative management of anal fissure with warm sitz bath and warm sitz shower bath. https://mail.ijsurgery.com/index.php/isj/article/view/4458/2886. Diakses pada Diakses Pada 15 Mei 2022

Efektifitas Teknik Sitz Bath Untuk Mengurangi Nyeri Rupture Perineumpada Ibu Nifas Di Praktik Mandiri Bidan Dince Syafrina, SST Tahun 2019. https://prosiding.htp.ac.id/index.php/prosiding/article/view/67/57. Diakses pada Diakses Pada 15 Mei 2022.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.