Manfaat Senam Kegel untuk Ibu Hamil

Halo Sahabat Sehat! Pernahkah kamu mendengar tentang “senam kegel”? Senam jenis ini diketahui memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil terutama dalam membantu proses persalinan menjadi lebih lancar, loh! Tapi, senam kegel ngga bisa sembarangan dilakukan karena tetap ada aturan yang perlu dipatuhi dalam melakukannya. Berikut informasi seputar senam kegel untuk kamu, disimak sampai akhir, yuk!

manfaat lakukan senam kegel bagi ibu hamil
Foto: Pexels.com

Apa itu Senam Kegel?

Senam kegel didefinisikan sebagai salah satu olahraga yang aman bagi ibu hamil. Dikutip dari SehatQ, American Pregnancy Association (APA) menganjurkan ibu hamil untuk melakukan senam ini sejak awal kehamilan guna memperlancar proses persalinan kelak. Senam kegel ini berfokus pada otot yang menopang rahim, kandung kemih, dan usus sehingga perut menjadi kuat dan mempermudah proses pendorongan bayi saat persalinan sekaligus meminimalisir komplikasi pada ibu hamil.

Manfaat Senam Kegel untuk Ibu Hamil

Selain memperlancar proses persalinan, senam kegel dengan kemampuan mengontrol otot ini memiliki manfaat lainnya, seperti mencegah masalah umum selama kehamilan seperti wasir dan mengontrol kandung kemih yang lebih baik sehingga dapat mengurangi gejala inkontinensia urin yang kerap kali terjadi karena penekanan kandung kemih oleh rahim yang membesar saat kehamilan.

Ngga hanya itu, senam kegel yang biasa disebut dengan latihan dasar panggul ini juga disarankan untuk dilakukan setelah persalinan sebagai upaya dalam pemulihan fungsi kandung kemih, penyembuhan perineum, dan memperkuat otot-otot dasar panggul.

cara melakukan senam kegel
Foto: Pexels.com

Cara Melakukan Senam Kegel

Sebelum memulai senam, pastikan kamu tahu apa itu otot panggul. Hal ini dapat kamu ketahui dengan sengaja menghentikan kencing saat buang air kecil. Otot yang kamu kencangkan pada saat kondisi itulah yang akan kamu latih saat melakukan senam kegel. Adapun cara menemukan otot panggul lainnya adalah dengan gerakan memasukkan jari ke dalam vagina secara perlahan, kemudian coba tekan otot-otot yang mengelilinginya. Cara yang kedua ini lebih aman karena ngga berisiko terhadap kelemahan otot dan kemungkinan infeksi saluran kemih.

Kemudian, kamu dapat mengencangkan otot-otot tersebut selama 3 hingga 5 detik, lalu kendurkan selama beberapa detik.  Ulangi langkah ini sebanyak 10-20 kali per harinya. Pastikan bahwa kandung kemih dalam keadaaan kosong sebelum melakukan senam ini, bernapaslah secara normal, usahakan untuk ngga menggerakkan kaki, otot perut, dan bokong selama latihan senam supaya hasilnya maksimal.

Senam kegel bisa kamu mulai kapan saja dan sebaiknya dilakukan sebanyak 3 kali sehari. Semakin dini dan teratur kamu berlatih, maka semakin besar manfaat yang bisa kamu rasakan.

Nah, Sahabat Sehat itulah tadi informasi seputar senam kegel. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Guesehat.com. 2021. Lakukan Senam Kegel Selama Hamil, Banyak Manfaatnya! https://www.guesehat.com/manfaat-senam-kegel-untuk-ibu-hamil. Diakses pada 19 Mei 2022.

Irmayani, I. (2018). Pengaruh Kombinasi Senam Hamil dan Senam Kegel Terhadap Lama Persalinan Kala II Pada Primigravida Di Wilayah Kerja Puskesamas Karang Pule Tahun 2017. Jurnal Kedokteran YARSI26(2), 066-074.

SehatQ. 2019. Lakukan Senam Kegel untuk Ibu Hamil Ini agar Proses Persalinan Lancar. https://www.sehatq.com/artikel/senam-kegel-untuk-ibu-hamil-kenali-manfaat-dan-cara-melakukannya. Diakses pada 19 Mei 2022.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.