Kenali Penyebab Makanan Tak Aman

Teman Sehat, pernahkah kamu menjumpai makanan yang sudah kadaluarsa atau mengalami kebusukan? Ternyata ada beberapa hal yang membuat makanan sudah ngga layak lagi untuk dikonsumsi. Kira-kira apa saja, ya? Nah, inilah faktor yang menyebabkan makanan ngga aman untuk dikonsumsi.

Cemaran mikroba

penyebab makanan tak aman konsumsi, cemaran mikroba pada makanan
Foto: Unsplash.com

Hampir sebagian besar kerusakan pada makanan disebabkan oleh adanya kontaminasi mikroba patogen, baik berupa bakteri, parasit ataupun virus. Kontaminasi mikroba bukan hanya menyebabkan terjadinya perubahan bentuk, rasa dan kandungan gizi pada makanan, tapi juga bisa membuat makanan tersebut berbahaya bila dikonsumsi.

Jika kamu mengonsumsi makanan yang sudah terkontaminasi mikroba, maka bisa menyebabkan keracunan (food poisoning) atau timbulnya penyakit bawaan makanan (foodborne disease). Keracunan terjadi akibat mengonsumsi racun yang dihasilkan oleh mikroba, atau mengonsumsi mikroba patogen dalan jumlah yang besar.

Sedangkan penyakit bawaan makanan terjadi akibat infeksi mikroba yang terkonsumsi bersamaan dengan makanan. Dalam kasus ini penyakit bisa timbul meskipun jumlah mikroba patogen yang terkonsumsi hanya sedikit.

Biasanya, efek dari keracunan lebih cepat terlihat. Beberapa jenis mikroba yang paling sering ditemui dalam makanan adalah Clostridium, Listeria, E. Coli, Norovirus dan Salmonella.

Cemaran fisik

penyebab makanan tak aman konsumsi, cemaran fisik
Foto: Unsplash.com

Selain mikroba, cemaran fisik juga bisa terjadi baik saat proses pengolahan ataupun penyimpanan makanan. Biasanya, cemaran fisik ngga akan terlalu merubah rasa dari makanan tersebut, tapi tetap berbahaya bila terkonsumsi. Berbeda kontainasi mikroba, kerusakan fisik sebenarnya bisa dengan mudah dilihat. Misalnya seperti ada rambut, staples yang berasal dari kemasan, debu maupun jenis kotoran lainnya.

Cemaran kimia

Cemaran ini bisa berasal dari residu pestisida, pupuk, logam berat ataupun zat kimia lain yang berasal dari industri. Meskipun ngga terpapar secara langsung, makanan bisa mendapat cemaran kimia dari lingkungan sekitar. Seperti dari air atau tanah yang sudah terkena polusi. Merkuri, chloroform, kadmium, benzene ataupun zat lainnya bisa saja berada di dalam air, dan akan bersifat toksik bila dikonsumsi. Biasanya, kontaminasi dari bahan kimia bisa terjadi saat proses pengolahan sedang berlangsung.

Cemaran radioaktif

penyebab makanan tak aman konsumsi, cemaran radioaktif
Foto: Unsplash.com

Belakangan ini proses iradiasi telah banyak digunakan dalam pengawetan makanan, seperti untuk menghambat terjadinya pertunasan pada sayur dan buah, serta menghilangkan serangga hingga mikroba patogen. Selain efektif, cara ini juga sangat mudah dan dianggap lebih efisien. Menyinari bahan makanan dengan sinar gamma  atau x-rays ngga semerta-merta membuat makanan tersebut jadi ngga aman dikonsumsi, loh!

Sebenarnya cemaran radioaktif ini sangat jarang terjadi, jika dibandingkan dengan cemaran lainnya. Cemaran radiasi sinar gamma, alfa atau zat radioaktif lainnya, biasanya hanya terjadi pada daerah tertentu yang memang berdekatan dengan lokasi pembangkit listrik tenaga nuklir. Ini mungkin dialami bila rekator nuklir mengalami kebocoran atau ngga berfungsi dengan baik, sehingga bisa mencemari udara, tanah dan air di daerah tersebut.

Jika seseorang mengonsumsi bahan makanan yang terpapar zat radioaktif dalam dosis tinggi, maka bisa mengalami beberapa gejala seperti mual, rambut rontok, sensasi kulit terbakar, hingga menyebabkan kanker.

Nah Teman Sehat, itulah beberapa cemaran yang bisa membuat makanan jadi ngga aman dan menyebabkan penyakit bila dikonsumsi.  Yuk, mulai sekarang lebih perhatikan keamanan makanan yang akan kamu konsumsi. Pastikan untuk menghindari produk yang mengandung cemaran seperti yang disebutkan di atas, ya!

Referensi
CDC. Foods That Can Cause Food Poisoning
https://www.cdc.gov/foodsafety/foods-linked-illness.html

Denok Indraswati. 2016. Kontaminasi Makanan (Food Contamination) oleh Jamur
https://kesling.poltekkesdepkes-sby.ac.id/wp-content/uploads/2020/03/BUKU-ISBN-Kontaminasi-Makanan-oleh-JamurR.pdf

Kamala, K., & Kumar, V. P. (2018). Food Products and Food Contamination. Microbial Contamination and Food Degradation, 1–19. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-811515-2.00001-9

Center For Food Safety Hong Kong. Radiation and Food Safety.
https://www.cfs.gov.hk/english/programme/programme_rafs/programme_rafs_fc_01_30_Q&A_2.html#:~:text=Foods%20can%20be%20contaminated%20with,air%20or%20through%20rain%20water.

Radioactivity in Food and the Environment, 2009
>https://www.cefas.co.uk/publications/rife/rife15.pdf

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.