Ketahui 4 Tips Tetap Bugar Saat Lebaran!

Teman Sehat, lebaran merupakan salah satu momen yang ditunggu-tunggu, karena kamu bisa merayakan waktu untuk berkumpul bersama keluarga. Biasanya saat lebaran akan disajikan berbagai macam makanan seperti rendang, opor, lontong, serta aneka kue kering seperti kue nastar, kastangel lainnya. Nah, ada beberapa tips supaya kondisi kamu bisa tetap prima meskipun sudah mengonsumsi berbagai makanan tersebut. Yuk simak tips berikut ini agar tetap bugar saat lebaran!

Lebaran dan Bugar

Foto: Pixabay.com

Kebugaran merupakan saat ketika seseorang memiliki kemampuan untuk menjalakan tugasnya sehari-hari dengan mudah tanpa merasa kelelahan dan bisa mempunyai cadangan energi untuk melakukan kegiatan yang lain. Nah, saat momen lebaran seperti saat ini menjaga kebugaran itu sangatlah penting, karena kegiatan kamu bisa menjadi lebih padat misalnya membuat kue lebaran atau kunjungan keluarga besarmu. Kalau tubuhmu ngga bugar bisa cepat merasa lelah, loh!

Selain itu, karena saat lebaran juga banyak disajikan berbagai macam makanan tinggi kalori yang menggunggah selera. Meskipun begitu, kamu perlu membatasinya supaya ngga makan terlalu banyak demi menjaga kondisi tubuh tetap bugar.

Tips Bugar saat Lebaran

Foto: Pixabay.com

Teman Sehat, berikut ini tips buat kamu supaya tetap bugar saat lebaran :

  1. Konsumsi makanan bergizi seimbang. Yap, meskipun ada banyak makanan khas lebaran, jangan lupa untuk tetap memperhatikan menu makananmu dengan makan makanan gizi seimbang, ya. Sarapan pagi dengan jumlah secukupnya juga dianjurkan supaya kamu bisa mendapat energi saat akan melakukan aktivitas sehari-hari.
  2. Batasi makanan tinggi gula, lemak dan garam. Kamu boleh saja mengonsumsi kue kering, makanan bersantan maupun gorengan, tapi tetap dalam porsi sewajarnya saja. Jika berlebihan bisa berisiko menyebabkan timbulnya penyakit degeneratif seperti diabetes melitus, hipertensi dan penyakit jantung. Oh ya, lengkapi juga dengan mengonsumsi buah dan sayur.
  3. Tetap olahraga secara teratur. Meskipun sedang lebaran, jangan lupa untuk menyempatkan waktu berolahraga, ya. Kamu bisa memilih olahraga ringan yang sesuai denganmu seperti jogging, senam, bersepeda dan lain-lain. Lakukan selama 30 menit sampai 1 jam dalam 3-5x seminggu.
  4. Minum air putih dan tidur cukup. Begitu banyak kegiatan saat lebaran yang bisa membuatmu kekurangan cairan hingga mengalami kurang tidur, loh! Tentunya ini ngga baik bagi tubuh jika terus dilakukan. Minum air putih minimal 8 gelas sehari dan jangan begadang, ya!

Nah, Teman Sehat itulah tips untuk menjaga tubuh untuk tetap bugar selama lebaran! Tetap jaga tubuhmu dalam kondisi baik ya agar menghindari berbagai penyakit.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti STP

Referensi

Mury Kuswari dan Nazhif. 2020. Periodisasi Gizi dan Latihan. Depok : PT Raja Grafindo Persada

Tamher, L., Fitri, M., & Pitriani, P. 2020. Aktivitas Fisik Animo Wanita Masa Kini dalam Menurunkan Berat Badan. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga3(2), 189-196.
http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1726329&val=12094&title=AKTIVITAS%20FISIK%20ANIMO%20WANITA%20MASA%20KINI%20DALAM%20MENURUNKAN%20BERAT%20BADANarticle.php (ristekdikti.go.id)

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.