Yuk, Ketahui Jenis Somatotype mu!

Halo Teman Sehat! Apakah kamu merasa sulit untuk nurunin berat badan? Sampai ada yang beranggapan kalau minum air aja bisa bikin gemuk. Sebaliknya, ada orang yang malah susah untuk naikin berat badan padahal udah makan cukup banyak. Kira-kira kenapa ya bisa seperti ini?

Somatotype

Somatotype adalah tipe tubuh atau keadaan tubuh seseorang. Tujuan mengenal somatotype ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis gambaran tubuh seseorang. Nah, setelah tahu tipe tubuh sendiri, kita akan bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas.

Ada tiga macam tipe manusia berdasarkan metabolismenya yaitu ektomorph, mesomorph, dan endomorph. Tapi, hanya sebagian orang yang memiliki bentuk tipe tubuh yang mutlak dari ketiga tipe tubuh tersebut. Kebanyakan orang berada pada diantara kedua tipe seperti antara mesomorph dengan ektomorph

Jenis-jenis Somatotype

  • Ektomorph, si lincah yang memiliki metabolisme tinggi.

Ciri-ciri seseorang memiliki tipe tubuh ini adalah memiliki tubuh yang tampak tinggi, langsing dan kecil, tulang kecil dengan otot-otot yang tipis, dahi yang tinggi, tangan dan kaki kurus, memiliki sedikit otot dan lemak tubuh. Seseorang yang memiliki tubuh ini lebih gesit dan lincah karena tubuhnya memiliki lemak tubuh yang minimal.

Orang dengan tipe ini sulit untuk menambah berat badan karena secara genetik ngga memiliki sel lemak yang banyak dibandingkan dua tipe tubuh yang lain. Beberapa faktor yang menghalangi pertambahan berat badan normal tipe tubuh ini adalah berkaitan dengan selera makan dan metabolisme yang tinggi. Nah, bagi seorang ektomorph, untuk menaikkan berat badan solusinya adalah pembentukan otot dan diet karbohidrat tinggi dan protein tinggi .

  • Mesomorph, si tubuh ideal

Mesomorph merupakan tipe tubuh yang atletis dengan tubuh persegi, otot-otot kuat dan keras, tulang-tulang besar dan  tertutup  otot  yang  tebal  pula,  serta relatif mempunyai pinggang  yang  langsing dan bahu  lebar. Distribusi sel lemak tidak terlalu banyak dibandingkan dengan tipe tubuh endomorph.

Tipe tubuh ini memiliki kelebihan mampu meningkatkan massa otot dan kekuatan dengan mudah. Begitu juga dapat dengan mudah mengatur berat badannya dan cocok dengan diet gizi seimbang.

  • Endomorph, si penyimpan lemak

Seseorang  yang memiliki tipe tubuh endomorph mempunyai bentuk bagian tengah badan (abdomen) yang lebih besar dan memiliki sistem pencernaan yang lebih besar. Tipe tubuh ini berpeluang untuk menjadi gemuk sangat tinggi karena mempunyai lebih banyak sel lemak dibandingkan tipe tubuh lain.

Ciri-ciri tipe tubuh ini adalah memiliki  badan bulat dengan lemak banyak, kepala besar dan bulat, tulang-tulang pendek, konsentrasi lemak pada perut dan dada, bahu sempit, pantat besar, pinggang dan tungkai lebar. Tipe tubuh ini disarankan melakukan latihan kardio untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Nah, setelah mengetahui tipe tubuh yang dimiliki, semoga Teman Sehat bisa memilih diet dan latihan yang tepat agar hidup sehat dan produkti.

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *