My Heart, Your Heart

Halo, Teman Sehat! Kamu tau ngga hari ini diperingati sebagai hari apa? Yap, Hari Jantung Sedunia atau World Heart Day yang dirayakan setiap tanggal 29 September. Tema World Heart Day tahun ini adalah My Heart Your Heart. Nah, apa sih maksudnya? Yuk cari tahu penjelasannya di sini!

Fungsi jantung

Siapa sih, yang ngga tau jantung itu merupakan salah satu organ penting di tubuh? Coba bayangkan, ternyata tugas jantung itu berat, loh! Mulai dari mensuplai darah dari seluruh tubuh, kemudian ke paru-paru buat mengambil oksigen sampai mengedarkannya ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah.

 

Nah, kalau ada yang mengganggu laju peredaran darah, biasanya tubuh kamu akan memberikan respon yang ngga baik. Biasanya laju peredaran darah terganggu, karena adanya penyumbatan di jalur peredarannya atau pembuluh darah. Kolesterol jahat (LDL) yang menumpuk di pembuluh darah, akan memperlambat laju darah. Jika ngga diimbangi dengan pola makan dan hidup yang sehat, maka kolesterol yang menumpuk akan meningkatkan risiko penjakit jantung koroner dan penyakit terkait lainnya.

My heart, your heart

Dalam rangka World Heart Day, organisasi World Heart Federation yang udah 40 tahun mengedukasi dan memberikan informasi tentang kesehatan jantung dan kemungkinan risiko yang dialaminya, memberikan tema yang berbeda pada tahun ini. Tema My Heart Your Heart, akan mengajak kamu, orang-orang terdekat dan masyarakat untuk peduli dengan kesehatan jantungnya. “Apa yang bisa saya lakukan sekarang, untuk menjaga jantung saya dan jantung kamu?”

Sumber: www.world-heart-federation.org

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah berjanji kepada diri sendiri, buat mengurangi pola makan dan pola hidup yang ngga baik buat jantung. Merokok, kurangnya aktivitas fisik, konsumsi makanan tinggi lemak dan pola hidup lainnya bisa meningkatkan risiko penyakit yang akan mengenai jantung kamu. Ingat loh, risiko penyakit ini ngga cuma berpotensi pada lansia aja, tapi buat kamu anak zaman now, juga bisa berisiko loh!

Yuk, jaga jantung mu!

Mengubah pola makan dan hidup, akan memberikan banyak manfaat loh, buat jantung dan tubuh kamu! Melakukan aktivitas fisik, seperti jalan kaki, berolahraga ringan, aerobik dan sebagainya akan melatih mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Selain itu, dengan mengubah pola makan kamu menjadi lebih baik, dengan mengonsumsi makanan beragam, rendah lemak, memperbanyak konsumsi sayur dan buah, mengatur konsumsi garam, gula dan karbohidrat juga bisa menjaga kesehatan jangtung, loh!

Yuk, mulai berjanji dengan diri sendir! Mulai dari sekarang berkomitmen buat mengatur pola makan dan hidup menjadi lebih sehat, kini dan nanti! Kamu boleh ko, ikut menyemarakan hari ini dengan ikut mengampanyekannya via media sosial di link ini! Tetap Sehat dan semangat ya, Teman Sehat!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *