Ternyata, Susu Bisa Jadi Minuman Alternatif Atlet, loh!

Halo, Teman Sehat! Masih dalam suasana Asian Games, nih! Gimana, semakin seru kan pertandingan di setiap cabang olahraganya? Semoga para atlet Indonesia bisa memberikan hasil yang terbaik ya, disetiap cabang olahraganya.

 

Oh iya, setiap istirahat di pertandingan, para atlet akan minum untuk mengurangi dehidrasi di tubuhnya. Nah, biasanya minuman yang dikonsumsi adalah air mineral atau minuman olahraga yang bisa menggantikan cairan didalam tubuh. Tapi, kamu tau ngga sih ternyata susu juga bisa jadi salah satu minuman alternatif buat para atlet, loh! Mau tau apa alasannya? Yuk, simak penjalasaanya!

Ada apa sih dengan susu?

Sudah menjadi rahasia umum, kalau susu memiliki banyak kandungan zat gizi makro (besar) dan mikro (kecil) yang baik buat tubuh kamu, seperti protein, karbohidrat, mineral (Ca, K, dan Mg), dan vitamin (B dan D). Nah, ternyata kandungan susu ini, juga dibutuhkan oleh para atlet, loh! Kenapa? Karena saat berolahraga, energi dan keringat yang dikelurkan lebih banyak, sehingga butuh asupan zat gizi yang bisa memulihkan energinya untuk kembali latihan.

Kandungan air dan elektrolit yang terkandung di dalam susu, bisa memulihkan dehidrasi. Ngga cuma itu aja loh, kandungan proteinnya juga bisa memperbaiki dan menambah masa otot kamu. Kandungan karbohidrat yang ada pada susu akan mengisi kembali cadangan energi, berupa glikogen, untuk digunakan saat latihan. Selain itu, kandungan kalsium dan vitamin yang dikandung susu akan membantu tubuh memiliki tubuh yang kuat dan mempermudah mengubah makanan menjadi energi.

Susu apa ya, yang cocok?

Menurut Greg Miller, President of the Dairy Reasearch Institute, mengatakan bahwa susu cokelat rendah lemak, sangat cocok untuk minuman alternatif para atlet. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada dua kelompok atlet balap sepeda, dengan cara meminum susu cokelat dan minuman olahraga setelah 4 jam beristirahat. Kemudian dilakukan simulasi bersepeda sejauh 40 Km, hasilnya atlet yang mengonsumsi susu cokelat rendah lemak memiliki kinerja yang lebih maksimal dibandingkan dengan minuman olahraga.

Penelitian ini juga diperkuat dengan penelitian yang dilakukan Roy, yang mengatakan kalau susu cokelat rendah lemak punya karakteristik unik yang bisa berpotensi menjadi minuman olahraga untuk para atlet. Kandungan karbohidrat dalam susu cokelat (laktosa) jumlahnya hampir sama dengan kandungan gula pada minuman olahraga lain (glukosa dan maltodextrin). Kandungan gula pada susu cokelat, bisa menggantikan cadangan energi (glikogen) yang ada pada tubuh.

Selain itu kandungan protein susu (kasein) dan protein whey dengan rasio 3:1, bisa memperlambat pencernaan dan penyerapan protein, sehingga peningkatan asam amino di dalam darah tetap terjamin dan ngga langsung drop. Manfaat lain dari protei whey adalah kandungan aam aminonya akan membantu dalam proses metabolisme otot dan protein.

Nah, Teman Sehat sekarang kamu udah tau kan, selain menghilangkan rasa haus (dehidrasi) saat berolahraga dan mengganti energi yang terpakai, susu juga punya manfaat jangka panjang buat menunjang kesehatan tulang dan massa otot kamu. Tapi, jangan lupa tetap minum air mineral ya, karena tubuh kamu juga butuh air supaya ngga dehidrasi. Yuk, jangan ragu minum susu setelah berolahraga!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *