Tips Sehat Makan Daging

Halo Teman Sehat! Selepas Idul Adha, udah berapa kali nih kamu makan daging? Meski daging identik dengan kolesterol, jangan lupa kalau daging juga mengandung banyak zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Daging merupakan sumber protein terbaik, selain itu juga mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin B (B1, B3, B6, B12), zat besi, magnesium dan seng.

Untuk meminimalkan potensi terkena penyakit yang berkaitan dengan konsumsi daging, misalnya stroke dan penyakit jantung, kamu wajib menerapkan tips sehat makan daging berikut ini. Yuk, cek satu per satu!

Pilih bagian daging yang lemaknya sedikit

Daging berlemak memang lebih lezat dibandingkan lean meat (daging yang lemakya sedikit). Tapi, kalau Teman Sehat khawatir dengan risiko kesehatan yang bisa dialami tubuh, pilihlah lean meat. Lean meat biasanya terletak pada bagian paha atas atau biasa disebut gandik. Dalam 100 gram lean meat daging sapi terkandung kurang dari 10 gram lemak total, 4.5 gram lemak jenuh, dan 95 mg kolesterol. Selain itu, ada juga extra lean meat, di mana dalam 100 gram nya terkandung kurang dari 5 gram lemak total, 2 gram lemak jenuh dan 95 mg kolesterol.

Ada cara lain dalam menentukan seberapa banyak lemak yang terdapat dalam daging. Teman Sehat perhatikan saja, apakah terdapat banyak garis-garis putih pada daging atau ngga. Semakin sedikit garis putih yang terlihat, maka daging pun semakin sedikit lemaknya. Mudah bukan?

Perhatikan cara masak

Cara memasak daging sangat berpengaruh terhadap kadar lemaknya. Jika diolah menggunakan teknik menggoreng, tentu jumlah kalori, lemak jenuh dan kolesterol daging akan meningkat pesat. Selain menggoreng, teknik memasak lain yang bisa memberikan risiko terkena penyakit adalah memanggang/membakar. Sebenarnya memanggang daging sampai matang sempurna itu ngga dianjurkan, loh!

Dilansir dari huffingtonpost, sebuah studi dari Universitas Harvard melaporkan bahwa memanggang daging sampai matang sempurna bisa menyebabkan pelepasan berbagai zat kimia berbahaya sehingga bisa meningkatkan risiko hipertensi sampai 15%, dibandingkan memanggang daging hanya sampai tingkat medium rare (setengah matang).

Tapi, bukan berarti Teman Sehat ngga boleh makan daging yang dipanggang sempurna seperti sate atau harus selalu memesan medium rare steak. Kalau buat sesekali sih ngga apa-apa, asal jangan sering-sering ya! Selain itu, terdapat cara memasak lain yang bisa dipilih dan tentunya lebih aman untuk kesehatan, seperti menumis atau merebus.

Perhatikan porsi

Meski ketersedian daging banyak banget di hari-hari pasca idul adha, tapi jangan sampai kalap makan daging ya Teman Sehat! Kalau kamu mengikuti anjuran asupan harian umum (2000 kkal/hari), maka kamu hanya membutuhkan sekitar 5 ½ ons lean meat untuk mendapatkan manfaat gizi dari daging.

Lengkapi dengan sumber gizi lain

Supaya lebih sehat, sangat disarankan untuk mengombinasikan daging dan makanan lain yang akan kamu santap, seperti buncis, selada, brokoli, wortel atau kentang. Jadikan piringmu berwarna-warna untuk memastikan kelangkapan zat gizi yang dibutuhkan tubuh.

Nah, demikian tips-tips sehat makan daging yang bisa kamu terapkan. Kalau ada tips-tips lainnya, yuk dibagi di kolom komentar di bawah inia!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *