Usir Stres dengan 6 Cara Sederhana Ini

 

Halo Teman Sehat! Banyak hal yang bisa membuat diri kita stres. Tekanan pekerjaan, deadline tugas, masalah pribadi, atau bahkan kurang piknik bisa membuat pikiran menjadi kacau dan stres pun menyerang. Kamu yang sedang stres ngga jarang menjadi lebih emosian. Hal ini bukan hanya merugikan diri sendiri, orang lain pun kadang juga terkena imbas dari kekesalan yang kita alami. Nah, biar rasa stresmu ngga semakin menjadi-jadi, Teman Sehat bisa mencoba beberapa tips berikut ini.

1. Cobalah menonton tayangan atau sesuatu yang lucu

 

Daripada terus menggerutu dan makin menambah kadar stres, Teman Sehat bisa mengalihkannya dengan menonton sesuatu yang lucu. Teman Sehat bisa melihat video-video komedi yang dapat mengundang tawa. Menurut penelitian yang dilakukan Happify, tertawa dapat menurunkan stres, memberikan perasaan yang lebih baik, dan meningkatkan imunitas tubuh. Alih-alih nonton drama atau film action, lebih baik nonton komedi ya guys!

2. Ungkapkan apa yang kamu rasakan lewat tulisan

 

Rasa kesal perlu juga dikeluarkan. Saat Teman Sehat ngga tau harus melepaskannya ke mana, coba deh untuk menuliskannya. Tulis rasa kesalmu pada sebuah buku dan ungkapkan semuanya di situ. Setelah itu, kamu akan merasa lebih lega.

3. Pijat bisa menjadi pilihan tepat

Meskipun stres berkaitan dengan emosi, rangsangan fisik tertentu bisa loh membantu meredakan stres. Salah satunya yaitu dengan memijat untuk membuat tubuh lebih rileks. Sentuhan-sentuhan saat pijatan juga bisa meningkatkan kadar oksitosin. Jadi, daripada stres membuatmu marah-marah dan terbawa emosi lebih baik kamu melakukan pijat untuk relaksasi.

4. Olahraga juga bagus untuk kesehatan jiwa

Olahraga bisa menjadi pelampisan terbaik stresmu. Selain menyehatkan tubuh, olahraga juga menjadi pengusir stres yang ampuh. Menurut penelitian Happify, olahraga selama 30 menit dapat menurunkan perasaan marah dan depresi, serta kesedihan seseorang.

5. Mengunyah permen karet

 

Mengunyah permen karet ternyata juga bisa menurunkan kadar stres loh Teman Sehat! Sambil menikmati rasanya, lama-lama stresmu bisa hilang juga.

6. Makan pisang

 

Buah yang satu ini juga bisa mengurangi stres karena bisa menurunkan kadar kecemasan seseorang. Hal ini karena di dalam pisang terdapat kandungan potasium yang memiliki efek merilekskan tubuh.

Gimana Teman Sehat? Tips-tips di atas mudah dan sederhana kan? Buat kamu yang sedang mempunyai banyak tekanan, ngga ada salahnya untuk mempraktikkan hal-hal di atas. Yuk, usir stres dan jangan lupa bahagia ya!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *