World Diabetes Day: Pentingnya Akses Pelayanan

Halo, Sahabat Sehat! Tahukah sahabat sehat bahwa setiap tanggal 14 November diperingati sebagai World Diabetes Day (WDD). Perayaan WDD dibentuk pada tahun 1991 oleh International Diabetes Federation (IDF) dan World Health Organization (WHO) dalam merespon kasus diabetes yang kian meningkat.

Melansir International Diabetes Federation, 1 di antara 11 orang dewasa usia 20-79 tahun mengidap diabetes, yakni sekitar 463 juta orang, tapi nyatanya 1 dari 2 orang dewasa yang terdiagnosa diabetes ngga sadar bahwa orang tersebut terkena diabetes.

Menurut data Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS), terjadi peningkatan prevalensi diabetes menjadi 10,9%. IDF memperkirakan jumlah penyandang diabetes mengalami peningktan dari 10,3 juta pada tahun 2017 menjadi 16,7 juta di tahun 2045.

peringatan world diabetes day 2021, hari diabetes sedunia
Foto: Pexels.com

Mengenal Diabetes Melitus

Diabetes melitus (DM) diartikan sebagai sekelompok penyakit metabolik yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah akibat gangguan sekresi dan/ atau kerja insulin. Seiring berjalannya waktu, DM dapat menyebabkan terjadinya komplikasi berupa kerusakan pada organ jantung, pembuluh darah, mata, ginjal, hingga serabut saraf.

DM terbagi menjadi 2 tipe yaitu DM tipe 1 (gangguan produksi insulin) yang sering ditemui pada anak-anak dan DM tipe 2 (kelainan kerja insulin) yang biasa terjadi pada orang dewasa.

Gejala yang sering dijumpai pada penyandang diabetes adalah poliuri (banyak buang air kecil), polidipsi (haus yang terus menerus), dan polifagi (lapar terus menerus). Tanda-tanda seperti ini acapkali disertai dengan penurunan berat badan yang signifikan, timbulnya garis kehitaman pada leher, rasa gatal atau kesemutan di tangan dan kaki, hingga munculnya gejala lainnya.

peringatan world diabetes day 2021
Foto: Pexels.com

Peringatan World Diabetes Day

WDD merupakan kampanye peningkatan kesadaran diabetes terbesar secara global yang digalakkan untuk menjangkau setiap orang di seluruh dunia. Tahun ini, WDD mengusung tema yaitu “Access to Diabetes Care – If Not Now, When?”. Tema menarik ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor, diantaranya jutaan orang penyandang diabetes di dunia tidak memiliki akses perawatan diabetes dan penyandang diabetes membutuhkan perawatan lanjutan dan dukungan untuk menjaga kondisinya serta pencegahan terhadap munculnya komplikasi.

Oleh karena itu, komponen dasar penunjang menjadi poin penting dalam peringatan WDD kali ini. Jenis akses perawatan yang dibutuhkan bagi penyandang diabetes, yaitu akses mendapatkan insulin, obat-obatan oral, pemantauan diri, pendidikan dan dukungan psikologis, serta makanan sehat dan keamanan tempat untuk berolahraga.

Akses Pelayanan Diabetes

Dikutip dari laman World Diabetes Day, 100 tahun pasca penemuan insulin menunjukkan bahwa penyandang diabetes di seluruh dunia belum mampu mengakses perawatan yang dibutuhkan. Sedangkan, penyandang diabetes tentunya memerlukan adanya perawatan berkelanjutan melalui kemudahan akses komponen dasar yang tersedia.

Perkembangan seratus tahun ditemukannya insulin, menghadirkan kesempatan yang unik sebagai terobosan perubahan bagi lebih dari 460 juta penyandang diabetes dan orang yang berisiko tinggi diabetes.

Sahabat Sehat, diabetes bukanlah penyakit yang menular tapi bisa dicegah dengan cara menghindari berbagai faktor risiko yang dapat diubah, misalnya menjaga berat badan tetap optimal, melakukan aktivitas fisik, mengendalikan tekanan darah, kolesterol, serta mengatur pola hidup sehat.

Nah, Sahabat Sehat juga bisa turut berpartisipasi dalam menggaungkan kampanye WDD. Kamu dapat memperoleh materi pendukungnya di laman World Diabetes Day. Salam sehat!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

World Diabetes Day. 2021. About World Diabetes Day. https://worlddiabetesday.org/about/ Diakses 13 Nov 2021

PERKENI. 2019. Pengelolaan dan Pencegahan Diabetes Melitus Tipe 2 Dewasa di Indonesia. PB PERKENI

WHO. 2021. World Diabetes Day. https://www.who.int/campaigns/world-diabetes-day Diakses 13 Nov 2021

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.