Yuk, Intip Manfaat Bawa Bekal dari Rumah

Tahu kah Teman Sehat? Setiap tahunnya, tanggal 12 April diperingati sebagai Hari Bekal Nasional. Dengan membawa bekal makanan kamu bisa lebih mudah untuk mengatur kebutuhan gizi, terlepas dari tempat dimana makanan tersebut akan dikonsumsi. Ngga hanya diperuntukan bagi anak sekolah, nyatanya membawa bekal dari rumah juga disarankan bagi para pekerja, loh! Nah, inilah beberapa manfaat yang bisa kamu dapat dari membawa bekal.

manfaat membawa bekal
Foto: Pixabay.com

Membuat bekal yang sehat

  1. Aman dari cemaran fisik seperti: debu, pasir, rambut, dan kuku.
  2. Ngga menggunakan bahan pengawet, pewarna, maupun penyedap rasa yang berlebihan atau di luar dosis yang dianjurkan.
  3. Disimpan pada wadah yang bersih, ngga berbau, dan layak pakai (ngga mengalami kerusakan)

Zat gizi pada bekal

kandungan gizi pada seporsi bekal
Foto: Pexels.com

Saat membawa bekal, ada baiknya makanan yang di bawa bisa memenuhi kebutuhan gizi sesuai dengan jenis kelamin, usia, serta aktivitas yang dilakukan. Seringkali kamu menikmati bekal ditengah padatnya aktivitas. Oleh karena itu yuk, lengkapi 6 zat gizi ini dalam bekal yang akan kamu bawa!

  1. Karbohidrat

Karbohidrat bisa diperoleh dari nasi atau beras, singkong, umbi-umbian, gandum, sagu dan lainnya.

  1. Lemak

Jeroan, kuning telur, alpukat, dan mentega merupakan beberapa sumber lemak yang bisa di masukkan dalam menu bekalmu. Zat gizi yang satu ini berfungsi sebagai sumber energi kedua setelah karbohidrat.

  1. Protein

Protein diperlukan untuk pembentukan dan perbaikan jaringan tubuh yang rusak, pembentuk sel darah, serta untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh. Kamu bisa mendapatkannya dari daging, susu, telur, ikan, kedelai (tempe, tahu) dan lain sebagainya.

  1. Vitamin

Meskipun dibutuhkan dalam jumlah kecil, vitamin berperan untuk menjaga metabolisme, pertumbuhan dan perkembangan supaya berjalan normal, biasanya ditemukan pada sayur dan buah.

  1. Mineral

Mineral memegang peranan penting dalam pemeliharaan fungsi tubuh, baik pada tingkat sel, jaringan organ maupun secara keseluruhan. Kamu bisa memperolehnya dari lauk pauk atau sayuran.

  1. Air

Sekitar 60-70% berat badan seseorang terdiri dari air. Oleh karena itu, umumnya manusia dianjurkan untuk mengkonsumsi air 2 L atau setara denga 8 gelas sehari.

Kenapa membawa bekal?

Manfaat membawa bekal, hari bekal nasional
Foto: Pexels.com

Sejumlah manfaat yang bisa diperoleh jika kamu membawa bekal dari rumah:

  1. Sehat dan bergizi

Membawa bekal yang dipersiapkan dari rumah, bisa memberikan jaminan untuk mendapatkan makanan yang sehat dan bergizi. Hal ini belum tentu bisa kamu dapat saat membeli makanan di tempat umum.

  1. Mendapat porsi yang sesuai

Nah, saat kamu menyiapakan bekal, kamu bisa lebih tahu porsi yang sesuia dengan kebutuhanmu. Jika kamu mengonsumsi makan siang dengan porsi yang ngga sesuai konsentrasi kamu bisa terganggu, loh!

  1. Lebih hemat

Berhemat dan menabung merupakan kebiasaan baik dalam pengelolaan keuangan pribadi. Membawa bekal baik ke sekolah maupun ke tempat kerja bisa meningkatkan motivasi diri untuk berhemat.

  1. Efisiensi waktu

Saat jam makan siang tiba, biasanya kantin akan dipenuhi oleh orang-orang yang ingin membeli makanan. Dengan membawa bekal kamu bisa menghemat banyak waktu, karena ngga perlu mengantri.

  1. Menjaga kebersihan lingkungan

Menggunakan tempat makan sendiri bisa mengurangi pengunaan plastik dan styrofoam sekali pakai yang sulit terurai.

Nah Teman Sehat, gimana sudah pada tahu kan manfaat dari membawa bekal? Mulai dari sekarang, yuk bawa bekal dari rumah.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti STP

Referensi

http://repository.unimus.ac.id/667/3/BAB%20II%20KTI.pdf

http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/506/5/Chapter2.pdf

Kemendikbud RI. (2016). Gizi dan Kesehatan Anak Usia Sekolah. Jakarta: Kemendikbud RI.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.