Yuk, Kenali 7 Mitos Alat Kontrasepsi!

Halo, Teman Sehat! Saat ini jumlah populasi manusia di dunia melonjak tajam. Jika dibiarkan terus-menerus, hal tersebut bisa menyebabkan ledakan penduduk di kemudian hari. Oleh karena itu, peneliti menciptakan berbagai alat kontrasepsi untuk mengontrol jumlah kelahiran, tapi sangat disayangkan banyak hoax yang tersebar di masyarakat tentang ini. Apa aja sih mitos-mitos yang tersebar? Let’s check it out!

Kehamilan ngga terjadi jika memakai alat kontrasepsi

Embarazada, Mujer, Mujer Embarazada, Vida, Acostado

Alat kontrasepsi ngga ada yang sempurna sehingga jenis sterilisasi apa pun ngga 100% efektif bekerja. Sedangkan, jenis kontrasepsi darurat lain yang paling mendekati efektif yaitu IUD tembaga atau KB spiral yang bisa mencegah kehamilan  sebesar 99% atau kemungkinan kehamilan hanya 1 dibanding 100 kasus yang pernah ada. Tapi ingat, kehamilan tetap mungkin terjadi, ya!

Mengekang hasrat seksual

Seringkali perempuan mencari penyebab perubahan hasrat seksual pada diri mereka saat melakukan hubungan suami istri. Menurut penelitian, pil kontrasepsi ngga membunuh hasrat seksual, loh. Faktor lain seperti usia dan lamanya suatu hubungan akan sangat mempengaruhi hasrat seksual ngga hanya untuk perempuan, tapi juga laki-laki.

Pil KB diminum di waktu yang sama setiap hari

Pastillas, Pastillas Anticonceptivas, De Control

Kamu harus tahu, faktanya aturan mengonsumsi pil KB tergantung pada jenisnya. Jika menggunakan pil KB dengan kandungan progestin, maka perlu diminum pada waktu yang sama setiap hari, karena efeknya mulai hilang setelah 26 jam. Berbeda dengan pil kombinasi yang mengandung progestin dan estrogen, kamu ngga perlu panik jika terlambat beberapa jam meminumnya.

Ngga aman memakainya saat menstruasi

Jenis alat kontrasepsi IUD dan implan meniadakan terjadinya menstruasi, tapi kamu ngga perlu khawatir sebab hal ini sudah dijamin keamanannya. Ngga menstruasi bukan berarti terjadinya penumpukan darah di rahim. Hormon menjaga lapisan uterus tetap tipis sehingga membuat rahim kosong dan bersih, oleh karena itu ngga ada darah yang keluar. Bahkan dalam hal ini, ngga menstruasi bermanfaat bagi kesehatan kamu, sebab berkurangnya frekuensi siklus menstruasi bisa menurunkan risiko kanker endometrium (dinding rahim).

IUD dan morning after pill menyebabkan aborsi

IUD mencegah sel telur dari pembuahan dan bukan penyebab aborsi sel telur yang dibuahi. Jenis tembaga pada IUD tembaga akan membunuh sperma. Jadi, saat sperma masuk dalam rahim dan melewati dinding tembaga, sperma akan mati. Sedangkan IUD hormonal membentuk lendir serviks tebal untuk menghalangi sperma atau disebut blokade serviks.

Pie, Bebé, Blackwhite, Nacimiento, Mano, Mujer

Teman Sehat, kontrasepsi darurat seperti morning after pill hanya mencegah kehamilan tapi ngga menyebabkan aborsi. Hal ini disebabkan karena pil tersebut mampu menunda ovulasi atau lepasnya sel telur dari ovarium dan ngga merusak telur yang telah dibuahi.

Pil KB dan IUD mengacaukan kesuburan

Pil KB ngga memengaruhi kesuburan, faktanya menstruasi yang ngga menentu atau ketidakseimbangan hormon lah yang sering menjadi penyebab masalah kesuburan. Pada umumnya, kesuburan wanita menurun seiring bertambahnya usia bukan karena penggunaan alat kontrasepsi. Sekitar 30 tahun yang lalu, IUD memang meningkatkan risiko penyakit radang panggul yang bisa menyebabkan infertilitas. Tapi saat ini, IUD dibuat dengan bahan yang lebih aman serta melalui penelitian dan pengujian akurat, bahkan bisa mengurangi risiko infeksi, loh.

Pil KB menambah berat badan

De Espesor, Sobrepeso, Obesidad, Peso, Deforme

Pil KB ngga menambah berat badan kamu, loh. Menurut studi sekitar sepertiga perempuan pengguna pil KB mengalami kenaikan berat nadan, sepertiga lainnya tetap sama, dan sisanya mengalami penurunan berat badan. Kenaikan berat badan bisa terjadi karena pola makan dan olahraga yang kurang tepat pada pengguna pil KB.

Nah, itu dia mitos-mitos yang tersebar di masyarakat tentang alat kontrasepsi. Mitos ini sudah diverifikasi kesalahannya oleh ahli kandungan, ya. Jadi, jangan langsung percaya dengan kabar yang tersebar! Jangan lupa juga bagikan informasi bermanfaat ini ke orang-orang sekitar kamu, ya!

Editor & Proofreader: Mega Kurniawati, SGz

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.