Yuk, Ketahui Jadwal Detoksifikasi Alami Tubuh

Sahabat Sehat, pernahkah kamu mendengar tentang detoksifikasi tubuh? Pada dasarnya, tubuh melakukan proses detoksifikasi atau mengeluarkan zat yang bersifat racun setiap harinya. Detoksifikasi bisa diibaratkan sebagai kegiatan bersih-bersih yang dilakukan secara rutin oleh tubuh.

Coba kamu bayangkan apabila tubuh malas atau bahkan ngga mau melakukan proses detoks. Keberadaan racun yang telah menumpuk dalam tubuh selama bertahun-tahun pastinya bisa mengganggu proses metabolisme. Yuk, simak fakta menarik tentang detoksifikasi tubuh!

manfaat proses detoksifikasi dalam tubuh
Foto: Pexels.com

Apa sih manfaat dari proses detoks?

Nah, berikut beberapa manfaat detoksifikasi yang perlu kamu ketahui :

  1. Menurunkan kelebihan berat badan
  2. Menormalkan kadar kolesterol dan tekanan darah.
  3. Mempercantik kulit.
  4. Menyehatkan pencernaan.
  5. Memperbaiki fungsi hati (liver) dan ginjal
  6. Memperlambat proses penuaaan.
  7. Melancarkan peredaran darah dan getah bening.
  8. Memperbaiki daya ingat.
  9. Meningkatkan kemampuan indera perasa, pendengaran, penciuman, dan pengelihatan.
  10. Meningkatkan kesuburan.
  11. Mencegah terjadinya penyakit kronis.
  12. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jadwal detoksifikasi tubuh

Layaknya kamu yang punya jadwal untuk beraktivitas, organ tubuh juga punya jadwal tersendiri untuk mengeluarkan zat-zat beracun yang mengendap dalam tubuh. Dengan mengetahui jadwal ini, kamu bisa menyesuailan aktivitas sehingga proses detoksifikasi bisa lebihh maksimal.

Jadwal detoksifikasi tubuh
Foto: Unsplash.com

Nah, Sahabat Sehat berikut ini jadwal atau waktu yang dibutuhkan oleh organ tubuh untuk melakukan detoksifikasi:

  1. Pukul 21.00-23.00, waktunya pembuangan zat-zat beracun yang ada di kelenjar getah bening. Saat proses ini terjadi, sebaiknya kamu melakukan aktivitas yang menenangkan selagi mempersiapkan diri untuk tidur.
  2. Pukul 23.00-01.00 adalah waktu untuk membuang racun yang berada di bagian hati. Pada saat proses pembuangan racun ini, tubuh sebaiknya sudah dalam kondisi tertidur pulas.
  3. Pukul 01.00-03.00, akan terjadi proses pembuangan racun di bagian empedu. Sama seperti proses detoks di bagian hati, pada waktu ini tubuh sebaiknya juga sudah berada dalam kondisi tidur.
  4. Pukul 03.00-05.00 adalah waktu untuk proses pembuangan racuan yang berada di paru-paru. Bagi penderita batuk, jangan heran apabila dalam kurun waktu tersebut terjadi batuk yang hebat.
  5. Pukul 05.00-07.00 adalah waktu untuk membuang racun di bagian usus besar. Apabila saluran pencernaanmu normal, maka biasanya akan buang air besar pada waktu ini.

Proses detoks umumnya terjadi saat tubuh dalam keadaan istirahat. Kebiasaan tidur yang terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses detoks yang secara alami dilakukan oleh organ tubuh. Jadi, untuk Sahabat Sehat harap perhatikan lagi yuk, jadwal tidur kamu supaya proses yang telah dilakukan sedemikian rupa oleh organ tubuh ngga sia-sia.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti STP

Referensi

Sugung, Iyan. Hidup Sehat dengan Detoks. Yogyakarta: Khitah Publishing.

Cleveland Clinic. 2020. Are You Planning a Cleanse or Detox? Read This First. https://health.clevelandclinic.org/are-you-planning-a-cleanse-or-detox-read-this-first/amp/ Diakses 21 Juni 2021.

FX Medicine. 2015. Organs of Detoxification. https://www.fxmedicine.com.au/blog-post/organs-detoxification Diakses 21 Juni 2021.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.