Yuk, Lakukan ini untuk Mendukung Si Kecil Belajar di Rumah!

Teman Sehat, kamu tentu tahu, selama beberapa bulan dilaksanakannya kegiatan belajar di rumah, anak-anak sudah melewati masa adaptasi dan mulai terbiasa. Tapi seiring berjalannya waktu, mulai muncul keluhan karena bosan, sulit, bahkan malas mengikuti proses belajar daring? Nah, kira-kira, apa yang perlu dilakukan untuk mendukung kegiatan belajarnya? Yuk, simak di sini!

Berikan perhatian kecil dan kalimat dukungan

Menanyakan apa yang dipelajari dan memintanya menjelaskan perasaan atau reaksinya selama kegiatan berlangsung, merupakan salah satu bentuk kepedulian dan perhatian. Secara psikis, anak akan merasa diperhatikan dan didengarkan dengan pertanyaan sederhana.

Kamu bisa menanyakan, “Wah, tadi belajar apa?” atau “Ceritakan ke Kakak, dong! Tadi ada kesulitan apa?”. Berikan pula reaksi berupa simpati atau dukungan seperti menawarkan bantuan, pujian dan saran yang membangun, atau bentuk penghargaan lainnya. Hal ini penting untuk menjaga mental anak tetap positif dan termotivasi selama kegiatan berlangsung.

Menyediakan snack sehat

Snack atau makanan selingan merupakan makanan yang dikonsumsi di antara waktu makan utama. Snack dipertimbangkan sebagi asupan zat gizi pendukung yang bermanfaat untuk menjaga mood fokus dan konsentrasi, serta mencegah stres.

Tapi, pastikan pilihan snack-nya berupa makanan sehat, ya! Contohnya jus buah, susu, buah potong, kacang-kacangan, atau yoghurt. Jangan lupa berikan air putih yang cukup untuk membantu mencukupi asupan cairannya.

Lakukan istirahat dan refreshing sejenak

Setelah belajar selama beberapa waktu, anak-anak bisa saja merasa bosan, lelah, dan membutuhkan istirahat atau penyegaran kembali. Sekadar bermain atau istirahat dari kegiatan mungkin hal yang dianggap sepele, tapi sebenarnya penting untuk psikisnya loh!

Kamu bisa mengajak anak-anak untuk berolahraga singkat, menggambar, mendengarkan musik, atau bermain permainan yang disukainya sebagai bentuk refreshing. Nah, cara inilah yang bisa mengusir kebosanan dan kemungkinan stres bisa dicegah.

Bagaimana, mudah ‘kan melakukannya, Teman Sehat? Mendukung kegiatannya di rumah selama masa pandemi memang perlu dilakukan agar aspek fasilitas, fisik, dan psikologis tetap terpenuhi. Dukungan yang optimal akan menambah semangat anak-anak dalam kegiatan belajarnya! Yuk, sebarkan artikel ini jika bermanfaat dan jangan lupa berikan komen di bawah, ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *