Yuk, Olahraga Calistechnics!

Halo, Teman Sehat! Beberapa tahun belakangan ini, banyak orang yang tertarik dengan gerakan olahraga push up dan sit up. Kombinasi olahraga ini yang banyak melibatkan beban tubuh disebut calisthenics. Udah banyak lohkomunitas olahraga dengan prinsip calisthenics ini, seperti CrossFit. Nah, kamu mau tau apa itu olahraga calisthenics dan cara melakukannya? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Asal-usul olahraga calisthenics

Calisthenics berasal dari Bahasa Yunani, yaitu kallos yang berarti ‘cantik’ dan sthenos yang berarti ‘kekuatan’. Melalui gerakan mendorong, menarik, dan mengangkat, dengan menggunakan alat atau ngga, akan menghasilkan kekuatan dan fleksibilitas yang keindahannya bertahan lama.

Saat kamu melakukan gerakan ini secara berulang dan intensitas yang bertingkat, calisthenics bisa melatih kapasitas kekuatan dan aerobik tubuh. Inti dari olahraga ini adalah menjaga tubuh agar tetap kuat.

Latihan Dasar

Sebenarnya olahraga calisthenics bisa dilakukan dalam berbagai gerakan dan intensitas yang beragam. Kamu bisa melakukan latihan dasar calisthenics dengan cara berikut:

Mulai dengan pemanasan dasar selama lima menit. Lalu, awali dengan gerakan squat dan lakukan sebanyak mungkin yang kamu bisa dalam satu menit. Ikuti dengan pola yang sama untuk gerakan push up. Kamu bisa melatih otot perut dengan posisi plank, yaitu tahan tubuh dengan lengan bawah selama yang kamu bisa.

Lanjutkan dengan melakukan jumping jacks selama satu menit dan diikuti dengan 30 detik mountain climbers. Istirahat selama lima menit dan ulangi lagi. Jika kamu butuh tantangan lebih, kurangi istirahat menjadi tiga menit.

Tingkatkan intensitas dengan plumoterics

Konsep dari plumoterics yaitu, melakukan sebanyak mungkin tekanan dengan waktu  yang sependek mungkin. Aktfitas ini, akan meningkatkan detak jantung kamu. Setelah melakukan latihan dasar, kamu bia memvariasikannya dengan gerakan lompat setelah squat atau menggunakan tekanan saat push up agar telapak tangan mengangkat sedikit dari permukaan.

Tetap kreatif dan menggunakan apa yang ada disekitarmu adalah kunci agar  olahraga ini ngga membosankan. Kamu bisa melakukan squat dengan satu kaki atau berdiri di atas lipatan handuk untuk tantangan tambahan.

Tips berolahraga!

Selama latihan, periksa posisi dan kondisi tubuh kamu buat memastikan kalau gerakan yang dilakukan udah benar. Olahraga ini, termasuk olahraga dengan latihan yang keras dan hampir menggunakan seluruh otot pada tubuh.

Pengaturan waktu istirahat merupakan hal yang penting. Jangan lupa pantau selalu tekanan jantung dan akhiri latihan dengan peregangan lengan, dada, dan punggung.

Gimana Teman Sehat? Mudah kan untuk melakukan calisthenics? Jadi ngga ada salahnya buat kamu mencoba olahraga yang lagi hitz ini. Jangan lupa tetap perhatikan kesehatan kamu saat berolahraga ya!

 

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP.

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *