3 Manfaat Spirulina yang Perlu Kamu Tahu!

Teman Sehat, tahukah kamu apa itu Spirulina? Yap, Spirulina merupakan salah satu jenis ganggang yang berwarna hijau-kebiruan dan bisa dikonsumsi. Spirulina tumbuh di perairan tropis dan sub-tropis yang memiliki kandungan garam tinggi.

Ternyata ada juga, loh beberapa spesies lain yang tumbuh di danau air tawar! Oh iya, kandungan zat gizi yang terdapat di dalam spirulina yaitu protein, asam lemak omega 6 dan 3, vitamin B1, B2, B3, zat besi, mineral dan lainnya. Tapi, tahukah kamu jika spirulina memiliki banyak manfaat? Yuk, simak penjelasan 3 manfaatnya di sini!

1. Kaya akan antioksidan

Ganggang ini mengandung zat antioksidan aktif yang disebut phycocyanin. Zat ini akan melindungi tubuh kamu dari zat radikal bebas, loh! Oh iya, mengonsumsinya secara rutin, bisa melindungi kerusakan pada sel, mulai dari kanker hingga masalah kulit seperti keriput, kusam, dan beberapa tanda penuaan lainnya.

2. Menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL)

Selain berfungsi sebagai antioksidan, zat phycocyanin juga bisa meningkatkan kadar  kolesterol baik (HDL). Konsumsi spirulina satu gram per hari secara rutin, bisa menurunkan kadar  total lemak (trigliserida) sebesar 16,3% dan LDL sebesar 10,1%.

3. Efektif mencegah anemia

Ada berbagai jenis anemia, tapi yang paling umum ditandai oleh penurunan hemoglobin atau sel darah merah di dalam darah. Anemia bisa menyerang semua umur, terutama pada orang tua yang memicu lemas dan lelah berkepanjangan. Tapi kondisi ini bisa dicegah dengan mengonsumsi suplemen spirulina yang bisa meningkatkan kadar hemoglobin dan memperbaiki fungsi kekebalan tubuh.

Kamu perlu memperhatikan hal ini!

Spirulina diketahui memiliki beberapa jenis yang bisa memproduksi racun, sehingga kamu perlu mewaspadai mengonsumsi produk ini jika belum diuji keamanannya dan  ngga terdapat izin edar yang jelas pada produk.

Gangang ini bisa saja terkontaminasi oleh zat racun yang disebut microcystins. Racun ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan, seperti mual, muntah, jantung berdetak sangat cepat, kelelahan, haus berlebihan, dan efek jangka panjangnya adalah kerusakan organ hati dan bahkan kematian.

Walaupun demikian, ada pula ganggang yang tumbuh dalam pengawasan yang ketat sehingga terbebas dari kontaminasi. Hingga saat ini, belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi ganggan ini aman untuk ibu hamil dan menyusui. Untuk berjaga-jaga, kelompok ini tidak dianjurkan mengonsumsinya.

Nah Teman Sehat, itulah beberapa manfaat dan hal yang harus kamu perhatikan saat mengonsumsi produk ini. Pastikan kamu membeli spirulina yang terdaftar dalam BPOM RI, supaya bisa merasakan manfaatnya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *