3 Posisi Tidur Nyaman untuk Kurangi Nyeri Haid

Halo Sahabat Sehat! Pernah ngga sih kamu sulit untuk tidur karena nyeri haid? Banyak orang merasakan tidur ngga nyenyak karena nyeri haid yang mengganggu. Tapi, ngga perlu khawatir karena kamu bisa menerapkan beberapa posisi tidur berikut ini untuk mengurangi nyeri haid dan mendapatkan kualitas tidur yang baik. Yuk, simak penjelasannya!

posisi tidur untuk kurangi nyeri haid
Foto: Pexels.com

Tidur dengan posisi janin

Kamu pernah melihat posisi janin di dalam kandungan? Yap, meringkuk! Tidur dengan posisi janin atau meringkuk dapat menghilangkan tekanan pada otot perut karena otot rangka di sekitar perut menjadi lebih rileks. Semakin sedikit tekanan pada otot perut kamu, semakin sedikit rasa nyeri dan kram kamu alami saat haid. Bahkan, tidur dalam posisi ini juga bisa memperkecil risiko kebocoran saat haid.

Tidur dengan pose anak

Pose ini mirip dengan posisi janin, tapi sedikit berbeda karena melipat badan ke depan dengan tangan lurus mengikuti arah badan dan meletakkan kepala kamu di kasur dengan lutut ditekuk. Lebih tepatnya, posisi ini sesuai dengan salah satu gerakan yoga sehingga efektif untuk melawan kram. Selain itu, tidur dengan pose anak juga mampu mengurangi rasa sakit kepala saat haid karena pose ini dikenal untuk merilekskan tubuh dan pikiran kamu.

posisi tidur untuk kurangi nyeri haid
Foto: Freepik.com

Tidur dengan bantal di bawah lutut

Kamu bisa meletakkan bantal bundar di bawah lutut saat tidur dengan posisi telentang. Pastikan bahwa bantal yang kamu pilih ngga terlalu tinggi atau terlalu rendah karena bisa memengaruhi aliran darah kamu secara keseluruhan. Jika kamu ngga memiliki bantal bundar, kamu bisa menggantinya dengan gulungan handuk. Dalam beberapa menit, kamu akan merasakan otot menjadi lebih rileks, dan kamu pun merasa nyaman.

Cara lainnya supaya tidur nyenyak saat haid

Selain menerapkan beberapa posisi tidur di atas, kamu dapat melakukan beberapa cara berikut untuk membuat tidur kamu lebih nyenyak saat haid. Pertama kamu bisa menggunakan terapi panas dari botol minum yang diisi air hangat lalu ditempelkan ke bagian bawah perut. Jaga supaya kamar tidur kamu tetap sejuk karena hormon yang meningkatkan suhu tubuh kamu selama haid mungkin membuat kamu sulit tidur. Selain itu, cobalah untuk membuat rileks pikiran dengan mendengarkan musik atau menggunakan aromaterapi.

Sahabat Sehat, itulah 3 posisi tidur yang nyaman untuk mengurangi nyeri haid dan menjaga kualitas tidur kamu lebih baik. Selamat mencoba! Jangan lupa bagikan informasi bermanfaat ini ke teman teman kamu, ya!

Editor & Proofreader:  Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Sleepcorelabs. 2021. 7 Ways to Get Better Sleep While on Your Period. https://www.sleepscore.com/blog/7-ways-to-get-better-sleep-while-on-your-period/. Diakses pada 18 Juli 2021

Teenvogue. 2021. These Sleeping Positions Can Make Your Period Less Painful. https://www.teenvogue.com/story/best-period-sleeping-position-for-cramps. Diakses pada 18 Juli 2021

Healthshots. 2021. I tried seed cycling for a month and it completely changed my periods. https://www.healthshots.com/intimate-health/menstruation/i-tried-seed-cycling-for-a-month-and-it-completely-changed-my-periods/. Diakses pada 18 Juli 2021

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.