5 Cara Meningkatkan Sistem Imun yang perlu Kamu Tahu!

Teman Sehat, pada masa pandemik Covid-19 ini, kamu perlu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, loh! Sistem kekebalan tubuh merupakan pertahanan awal bagi tubuh untuk melawan bakteri, virus, dan organisme penyebab penyakit. Meningkatkannya merupakan salah satu kunci agar ngga mudah tertular virus Covid-19. Lalu, gimana caranya, ya? Yuk, simak!

1. Tidur yang cukup

Sebuah studi yang dilakukan oleh Mayo Clinic, menunjukkan bahwa seseorang yang ngga cukup tidur, akan lebih cenderung jatuh sakit dan akan berpengaruh pada seberapa cepat pulih ketika sakit. Selain itu, sel dan antibodi yang berperan melawan infeksi bakteri maupun virus akan berkurang, kalau tidur kamu ngga cukup.

Kamu bisa memenuhi kebutuhan tidur yang cukup selama 7-8 jam sehari untuk orang dewasa, 9-10 jam untuk remaja, dan untuk anak-anak memerlukan 10 jam atau lebih untuk tidur cukup.

2. Olahraga dan terpapar cukup sinar matahari

Rutin berolahraga, istirahat yang cukup, mengurangi waktu mendengarkan berita mengenai Covid-19 bisa menurunkan hormon stres tubuh, sehingga memberikan kekuatan tambahan pada sistem kekebalan tubuh. Olahraga atau aktivitas fisik dilakukan minimal 3-5 hari dalam seminggu dengan durasi 30 menit setiap harinya.

Contoh olahraga yang dilakukan saat ada pembatasan fisik yaitu berjalan kaki atau lari di sekitar rumah dan melakukan aktivitas fisik dengan menonton dan mengikuti video olahraga. Selain itu, usahakan terpapar cukup sinar matahari dengan membuka jendela rumah atau berjemur pagi selama 15 menit.

3. Memperbanyak konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur merupakan sumber terbaik bagi berbagai vitamin, mineral, dan serat. Kecukupan zat gizi ini, sangat diperlukan untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh yang optimal karena adanya kandungan zat antioksidan.

Contohnya sayuran berwarna hijau seperti sawi, bayam, buncis dan sayuran berwarna oranye. seperti wortel, labu kuning serta jagung. Kemudian pada buah yang mengandung antioksidan, seperti jeruk, pepaya, anggur, stroberi, dan lainnya.

4. Berperilaku hidup bersih dan sehat

Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) bisa menghindarkan seseorang dari keterpaparan terhadap sumber infeksi. Contoh PHBS yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih mengalir setidaknya selama 40-60 detik atau menggunakan hand sanitizer
  • Menerapkan etika bersin dan batuk dengan cara menggunakan masker, menutup mulut dan hidung dengan lengan bagian dalam atas, menggunakan tisu kemudian buang tisu ke tempat sampah tertutup, segera mencuci tangan memakai sabun dengan air mengalir
  • Membuang sampah di tempatnya
  • Ngga meludah di sembarang tempat
  • Ngga merokok dan mengonsumsi narkoba
  • Menghindari menyentuh area wajah dengan tangan yang belum dicuci
  • Mandi atau mengganti baju segera sesampainya di rumah setelah berpergian
  • Membersihkan dengan desinfektan secara rutin benda-benda yang sering disentuh dan perabot yang ada di rumah

5. Menjaga jarak fisik dari orang lain

  • Menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain pada kondisi apapun
  • Selalu menggunakan masker setiap keluar rumah
  • Menghindari keramaian, kegiatan yang melibatkan berkumpulnya orang dalam jumlah banyak
  • Menghindari berpergian ke tempat umum atau tempat wisata
  • Ngga berpergian ke luar kota atau luar negeri
  • Ngga berkunjung atau menerima tamu
  • Ngga bersalaman dan berpelukan, ganti dengan melambaikan tangan, mengangguk, dan membungkukkan badan
  • Anak sebaiknya bermain di rumah

Nah, berdasarkan penjelasan di atas, tentunya sekarang Teman Sehat sudah paham mengenai cara meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, jangan lupa untuk tetap menjaga pola makan gizi seimbang yang sehat, ya. Semoga bermanfaat!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *