5 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Mental!

Teman Sehat, beberapa hari yang lalu, diperingati sebagai Hari Kesehatan Mental, loh! Yap, kesehatan mental ternyata perlu, kamu jaga kesehatannya. Hal ini berkaitan dengan definisi sehat menurut WHO, yaitu ngga cuma sehat fisik dan terhindar dari penyakit tapi juga kesehatan mental. Ternyata, selain aktivitas fisik, kesehatan mental bisa dijaga dengan mengonsumsi 5 makanan ini, loh! Mau tau apa aja makanannya? Let’s check it out!

Kesehatan mental dan cara menjaganya

Menurut WHO, kesehatan mental merupakan keadaan seseorang yang bebas dari ketegangan, kecemasan, bisa menerima rasa kecewa dan kenyataan walaupun pahit. Selain itu, salah satu indikator seseorang dengan kesehatan mental yang baik yaitu berkurangnya tingkat stres dan depresi.

Salah satu cara buat menjaga kesehatan mental, yaitu dengan mengonsumsi bahan pangan yang mengandung asam amino, asam folat, vitamin B, vitamin C, kalsium dan biotin yang tinggi. Beberapa zat gizi ini, ternyata bisa menjaga kesehatan mental kamu, loh! Yuk, simak 5 makanan yang mengandung zat gizi tersebut!

1. Berry

Strawberry, blackberry, blueberry, dan rasberry. Siapa sih, yang ngga kenal dengan kelompok ini? Yap, ternyata kelompok ini mengandung zat gizi vitamin C yang tinggi, loh! Vitamin C mampu mengurangi dan melawan stres. Selain itu, strawberry dan blueberry memiliki kandungan zat antosianin yang bermanfaat buat melindungi jantung dan mempertajam keja (kognitif) otak.

2. Bayam dan brokoli

Sayuran hijau seperti bayam dan brokoli, ternyata bisa menjaga kesehatan mental dan mengurangi terjadinya stres, loh! Kandungan asam folat yang ada di dalamnya, akan menghasilkan zat dopamin yang bisa mengurangi rasa cemas, depresi, merangsang kebahagiaan dan membuat kamu merasa tenang.

3. Ikan

Ikan banyak mengandung asam amino, omega-3, vitamin B12, dan vitamin. Salah satu jenis ikan yang mengandung tinggi omega-3, yaitu ikan salmon dan ikan kembung. Omega-3 yang terkandung pada kedua ikan ini, bisa menjaga kesehatan mental dan memiliki sifat anti peradangan yang bisa menurunkan hormon stres.

4. Dark chocolate

Siapa sih yang ngga suka sama salah satu sama makanan ini? Yap, kandungan zat polifenol dan flavonol yang terkandung dalam dark chocolate ternyata bisa menjaga kesehatan mental dan mengurangi depresi, loh! Selain itu, manfaat lain dari dark chocolate yaitu, bisa mengurangi kelelahan, memperbaiki mood, dan menimbulkan efek bahagia ketika kamu mengonsumsinya.

5. Tomat

Ternyata, tomat bisa menjaga kesehatan mental dan mencegah depresi, loh! Kandungan zat asam folat dan asam alpha-lipoic yang terkandung di dalam tomat, ternyata bisa mengatasi depresi dan menstabilkan suasana hati kamu.

Nah, itulah 5 makanan yang bisa kamu konsumsi buat menjaga kesehatan mental. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, konsumsi makanan yang bergizi dan luangkan waktu buat beristirahat agar kesehatan mental kamu tetap terjaga. Mental sehat, bahan kuat!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *