Ambient Yoghurt Bisa Tahan Suhu Ruang loh!

Ambient yoghurt atau lebih tepatnya ‘produk berbasis yoghurt untuk distribusi suhu ruang’. Seperti namanya, ambient yoghurt merupakan produk yoghurt yang stabil pada suhu ruang. Dilansir dari Tetra Pak, produk ini ternyata sudah sangat populer di Tiongkok, loh! Bahkan tercatat di tahun 2019, angka penjualannya telah mencapai 2,5 milliar liter per tahun atau sekitar 50% dari total penjualan yoghurt per tahun. Nah, Sahabat Sehat, mau tahu apa beda ambient yoghurt dan yoghurt fermentasi dingin?

ambient yoghurt yang tahan suhu ruang
Foto: Frepeik.com

Apa itu ambient yoghurt?

Ambient yoghurt atau yang juga dikenal self-stable yoghurt ini memiliki kandungan zat gizi hampir mirip dengan yoghurt yang biasa kamu temukan di pasaran (minus bakteri probiotik). Bedanya produk ini bisa disimpan pada suhu ruang karena ngga membutuhkan penyimpanan dingin. Meski demikian, beberapa merk ambient yoghurt juga menawarkan variasi zat gizi penting seperti kaya akan protein, kalsium maupun vitamin.

Dilansir dari laman International Scientific Association for Probiotics and Prebiotics (ISAPP), ambient yoghurt bisa stabil pada suhu ruang karena adanya pemanasan setelah fermentasi berlangsung. Proses produksi ambient yoghurt hampir mirip dengan produk UHT, produk bersifat steril komersial yang artinya bebas dari mikroba yang bisa tumbuh di suhu ruang. Di Tiongkok, produk ini masih bisa dikategorikan sebagai yoghurt, tetapi di Amerika Serikat supaya bisa dilabeli sebagai yoghurt, perlu ada penambahan keterangan ‘heat treated’ pada kemasan.

Peraturan pelabelan ambient yoghurt

Ini juga bisa menjadi produk yang serbaguna, ngga hanya bagi ritel, melainkan juga dalam proses tranportasi dan distribusi. Diharapkan pula, penyebaran produk bisa lebih luas, termasuk ke daerah dengan infrastruktur penyimpanan dingin yang kurang memadai. Ambient yoghurt sudah mulai merambah pasar Amerika Latin, Afrika dan Timur Tengah. Mengenai pelabelannya sebagai yoghurt, setiap negara punya aturan tersendiri.

Standar CODEX mewajibkan yoghurt dibuat dengan Lactobacillus delbrueckii subsp. bulgaricus dan Streptococcus thermophilus, serta mengandung setidaknya 107 CFU/gram bakteri sampai dengan waktu ketahanan setelah produk disimpan sesuai suhu penyimpanan pada label. Standar ini digunakan banyak negara dan disesuaikan oleh perundangan negara tersebut.

ambient yoghurt yang tahan suhu ruang
Foto: Freepik.com

Uniknya, FDA (BPOM milik AS) ngga menetapkan jumlah CFU minimal pada produk yoghurt. Pada negara bagian yang ngga memerlukan kepatuhan CODEX, biasanya menerapkan jumlah 107 CFU/gram saat produksi. Di Mainland China, yoghurt secara spesifik harus memiliki kandungan Lactobacillus sebesar 106 CFU/gram, tetapi terdapat keterangan tambahan, bahwa produk yang telah melewati proses pemanasan setelah proses fermentasi ngga akan menjadi subjek dari peraturan minimum jumlah Lactobacillus.

Keuntungan ambient yoghurt

Dilansir dari situs perusahaan Tetra Pak, beberapa keuntungan ambient yoghurt,  diantanya bisa menjadi pilihan minuman sehat dan praktis (grab and go convenience) tanpa memerlukan penyimpanan suhu dingin. Meski ngga mengandung probiotik, ambient yoghurt memiliki kandungan zat gizi lain, seperti kaya protein, vitamin, dan kalsium.

Produk juga tersedia dalam berbagai pilihan rasa dan tekstur, mulai dari blueberry, vanila, hingga keju. Inovasi juga masih terus dikembangkan, seperti menambahkan potongan buah, sereal, kacang-kacangan, cokelat dan sebagainya. Kemudian, ngga diperlukan pendingin selama distribusi dan transportasi, sehingga bisa menjangkau area lebih luas.

Sahabat Sehat, apa kamu tertarik untuk mencoba ambient yoghurt? Nah, produk ini cocok banget buat kamu yang ingin menikmati yoghurt, tapi memiliki keterbatasan tempat penyimpanan dingin. Semoga produk ini bisa segera beredar di pasar Indonesia, jadi tak perlu jauh-jauh ke luar negeri buat nyobain.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Hudkins, B. 2020. Ambient yogurts make a global impact. https://isappscience.org/ambient-yogurts-make-a-global-impact/. Diakses 3 September 2021.

Tetra Pak. 2019. ​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​The rise and rise of ambient yoghurt. https://www.tetrapak.com/insights/cases-articles/the-rise-of-ambient-yoghurt.  Diakses 3 September 2021.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.