Yuk, Bersihkan Kulkasmu dengan 5 Langkah ini!

Teman Sehat, jika kamu memiliki produk yang sudah ngga layak konsumsi apalagi busuk di dalam kulkas, kamu perlu membuangnya dan membersihkan kulkas  untuk menghindari kontaminasi. Kebersihan kulkas harus benar-benar dijaga karena kulkas merupakan “rumah” bagi makanan dan minuman agar tetap bisa dikonsumsi dengan aman. Yuk, bersihkan kulkasmu dengan langkah-langkah berikut ini! Let’s check it out!

1. Membuang recalled food

Recalled food merupakan makanan yang ditarik peredarannya karena dianggap berbahaya untuk dikonsumsi, biasanya makanan ini bisa diketahui dari pemberitahuan resmi pemerintah. Makanan lain yang disimpan dan bersentuhan langsung dengan recalled food harus dibuang secepatnya.

Cubo De La Basura, Basura, Cubo, Verde

Kamu bisa membungkus makanan tersebut ke dalam kemasan sealed atau kemasan yang tertutup rapat sebelum dibuang ke tempat sampah. Jika kamu telah menyimpan recalled food di dalam food container, bersihkan food container dengan air hangat dan sabun sebelum menggunakannya untuk menyimpan makanan lain.

2. Mengosongkan isi kulkas

Cara mengosongkan isi kulkas cukup mudah, keluarkan semua makanan dan letakkan di meja selama kulkas dibersihkan. Hal ini dilakukan untuk menghindari terkontaminasinya makanan dan minuman oleh bahan pembersih. Keluarkan juga rak, laci, dan bagian kulkas yang bisa dilepas lainnya. Jangan biarkan makanan di luar kulkas lebih dari 2 jam.

3. Cuci bagian kulkas yang bisa dilepas

Young housewife near refrigerato Free Photo

Mencuci bagian kulkas yang kotor merupakan hal penting saat membersihkannya. Isi baskom dengan air hangat dan sabun, lalu rendam bagian-bagian kulkas yang bisa dilepas ini sebelum dibersihkan dan dibilas. Keringkan dengan handuk atau lap bersih. Kamu juga harus tahu, rak dan laci kaca yang masih dingin atau baru dikeluarkan dari dalam kulkas sebaiknya dibiarkan mencapai suhu ruang terlebih dahulu sebelum dibersihkan dengan air hangat agar ngga pecah.

4. Bersihkan bagian dalam kulkas

Saat membersihkan bagian dalam kulkas, pilih kain microfibre atau sponge berkualitas baik. Kain microfibre atau sponge ngga cepat rusak dan ngga meninggalkan bagian-bagian kecil setelah digunakan. Berikut langkah-langkah membersihkannya:

Esponja, Espuma, Limpia, Frühjahrsputz, Espumoso

  • Bersihkan bagian dalam kulkas dengan air hangat, sabun, dan bilas menggunakan air bersih
  • Keringkan dengan handuk atau lap bersih
  • Bersihkan noda membandel dengan mencampurkan sedikit baking soda dan sedikit air sampai terbentuk pasta tebal. Oleskan pasta tersebut pada noda dan diamkan selama satu jam sebelum dibersihkan dengan kain atau sponge lembab.

5. Pasang dan masukkan kembali bagian-bagian kulkas dan makanan

Jika telah selesai membersihkannya, letakkan kembali rak, laci, dan bagian lain ke dalam kulkas. Bersihkan container makanan dan minuman dengan air panas dan sabun sebelum dikembalikan ke dalam kulkas.

Hal lain yang perlu diperhatikan

Teman Sehat, setelah melakukan 5 langkah di atas, kamu juga harus memerhatikan beberapa poin penting di bawah ini:

  • Cuci tangan dengan sabun dan air setelah selesai membersihkan kulkas
  • Bersihkan meja dapur yang digunakan untuk meletakkan makanan dan minuman. Gunakan air hangat dan sabun untuk membersihkannya
  • Cuci lap atau handuk yang digunakan untuk mengeringkan kulkas sebelum menggunakannya lagi

Cara merawat kulkas sehari-hari

Agar kebersihan kulkas tetap terjaga, kamu bisa merawat kulkas setiap hari dengan langkah-langkah berikut:

  • Cek seluruh produk dan buang produk yang sudah kadaluarsa
  • Bersihkan tumpahan makanan atau minuman segera
  • Simpan plastik kecil berisi baking soda di bagian bawah kulkas untuk menyerap bau-bau yang kuat

Teman Sehat, mulai sekarang yuk lebih perhatikan lagi kebersihan kulkas agar terhindar dari kontaminasi. Stay healthy! Semoga bermanfaat! Jangan lupa bagikan informasi bermanfaat ini ke orang-orang di sekitar kamu, ya!

Editor & Proofreader: Mega Kurniawati, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *