Bisakah Tetap Makan Sehat saat Berhemat?

Saat ini, berhemat merupakan cara untuk mengelola keuangan di tengah krisis pandemi Covid-19. Meskipun sedang berhemat, kamu tetap harus menjaga kesehatan, ya. Berhemat bukan berarti membatasi konsumsi makanan dan minuman. Jangan sampai karena berhemat, kamu justru sakit dan mengeluarkan lebih banyak biaya untuk berobat. Yuk simak tips mengatur makanan agar tetap sehat meskipun sedang berhemat!

Pilih bahan pangan low budget

Makanan sehat ngga harus mahal. Pilih bahan pangan substitusi atau pengganti dari bahan pangan yang biasa kamu konsumsi sebelumnya. Misalnya, jika kamu sering mengonsumsi daging sapi, ketika berhemat bisa diganti dengan telur. Keduanya sama-sama sumber protein hewani, tapi harga telur lebih murah daripada harga daging sapi. Begitu pula dengan bahan pangan lain, kamu bisa mensubstitusi dengan harga yang lebih murah.

Kurangi makanan empty calorie

Seringkali untuk memenuhi keinginan sejenak atau sekadar memenuhi hawa nafsu, kamu membeli makanan empty calorie. Empty calorie bukan semata-mata berarti makanan yang ngga punya kalori, ya. Empty calorie merupakan makanan yang memiliki minim zat gizi.

Kebanyakan makanan empty calorie mengandung banyak gula, lemak, atau garam. Beberapa contoh makanan tersebut adalah permen dan cemilan ringan. Dibanding membeli makanan empty calorie, lebih baik uang kamu digunakan untuk membeli cemilan kaya serat seperti buah dan sayur.

Pikir dua kali saat mengonsumsi suplemen

Suplemen dikonsumsi jika kamu kekurangan zat gizi tertentu. Akan tetapi, kebanyakan orang ‘latah’ mengonsumsi suplemen. Padahal, zat gizi yang dibutuhkan bisa didapatkan dari makanan maupun minuman. Selain itu, harga suplemen di pasaran relatif mahal.

Kamu perlu tahu, suplemen mengandung bahan aktif sehingga bisa menimbulkan efek yang kuat pada tubuh. Jadi, pertimbangkan lagi dalam membeli suplemen, ya. Jika zat gizi bisa dipenuhi dengan mengonsumsi bahan pangan, kenapa harus mengonsumsi suplemen?

Jangan sisakan makanan

Makanan yang terbuang atau ngga dihabiskan, sama saja dengan membuang uang kamu dengan sia-sia. Memasak atau memesan makanan dalam porsi kecil bisa menjadi alternatif agar ngga ada sisa makanan di piring.

Jika memang terpaksa harus menyisakan makanan di piring, ambil kotak makan dan simpan makanan di lemari es untuk dikonsumsi dalam waktu dekat. Kamu juga bisa menyisihkan sebagian makanan sebelum makan, jika sekiranya kamu ngga mampu menghabiskannya dan memberi makanan tersebut kepada yang lebih membutuhkan. Kelola makanan kamu dengan bijak ya.   

Teman Sehat, makan sehat ngga selalu identik dengan harga mahal. Makan sehat bisa juga dilakukan dengan budget seminimal mungkin tanpa harus mengorbankan kandungan zat gizinya. So, sekarang sudah tahu kan bagaimana cara makan sehat saat sedang berhemat?

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *