Cegah Hipertensi dengan Buah Belimbing

Halo, Sahabat Sehat! Tahun ini menjadi tahun ke-15 dalam memperingati Hari Buah Sedunia. Yap ternyata sudah cukup lama, ya! Peringatan ini pertama kali dilakukan di Berlin, Jerman pada tahun 2007.

Berbicara tentang buah, sepertinya masih banyak yang belum tahu bahwa buah belimbing punya segudang manfaat bagi tubuh. Selain memiliki rasa yang lezat, buah dengan bentuk khas ini ternyata juga mempunyai peran dalam mencegah terjadinya hipertensi. Nah, berikut ini ulasannya.

cegah hipertensi dengan buah belimbing
Foto: Pixabay.com

Sebenarnya, apa itu hipertensi?

Hipertensi merupakan kondisi ketika tekanan darah tubuh lebih tinggi dari batas normal atau yang seharusnya. Hipertensi ngga hanya menyerang satu kalangan usia tertentu, tetapi bisa dialami siapapun dari berbagai rentang usia, baik itu laki-laki dan perempuan.

Meski begitu, sangat jarang ditemui suatu penyakit hanya disebabkan oleh satu faktor. Banyak faktor yang mempengaruhi tekanan darah dalam tubuh, salah satunya konsumsi garam yang berlebihan.

Faktor lain yang membuat hipertensi semakin berbahaya karena banyak yang ngga sadar bahwa mereka mengalami hipertensi. Sebagian besar penderitanya baru sadar ketika hipertensi yang dialami telah menyebabkan kondisi lain yang lebih serius seperti stroke.

hipertensi
Foto: Pixabay.com

Perlu dilakukan penatalaksanaan atau aturan dalam mengontrol tekanan darah di dalam tubuh untuk menghindari terjadinya komplikasi tersebut. Tatalaksana ini bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan mengonsumsi obat yang bisa mengontrol tekanan darah, serta dengan menerapkan gaya hidup sehat meliputi mengonsumsi makanan yang mampu mengontrol bahkan menurunkan tekanan darah. Yap, salah satu makanan yang dimaksud yakni buah belimbing.

Kenapa bisa?

Menurut penelitian, Diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) kerap digunakan bagi pasien hipertensi di negara maju. Ini merupakan metode diet dengan mengonsumsi sayuran dan buah dengan kandungan serat dan mineral tertentu (misalnya kalium) yang tinggi, tapi dengan membatasi jumlah konsumsi garam. Nah, belimbing merupakan salah satu buah yang memiliki kualifikasi diet ini.

Bersifat anti-hipertensi

manfaat buah belimbing
Foto: Pixabay.com

Pada dasarnya buah belimbing memiliki kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah, sehingga bisa dikatakan sebagai anti-hipertensiDalam 100 gram BDD (Berat Dapat Dimakan), buah belimbing mengandung 130 mg kalium dan hanya mengandung 4 mg natrium. Selain itu, serat pangan menjadi salah satu zat gizi unggulan dari buah belimbing yang dapat memperlancar proses pencernaan, serta Vitamin C sebagai antioksidan bagi tubuh.

Nah, sekarang Sahabat Sehat sudah tahu ya, manfaat dari buah bintang ini. Ternyata tanpa disadari buah yang sering ditemui ini punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung atau dengan diolah terlebih dahulu menjadi jus. Selamat mencoba!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti STP

Referensi

Bangun AV, Ahmad LN. 2015. Pengaruh Terapi Jus Belimbing Manis (Averhoa Carambola Linn) terhadap Tekanan Darah Lansia dengan Hipertensi di Puskesmas Citeureup Kota Cimahi. Jurnal Kesehatan 4(1):79-85.
https://ejournal.stikesborromeus.ac.id/file.php?file=preview_jurnal&id=510&cd=0b2173ff6ad6a6fb09c95f6d50001df6&name=8.pdf

Nathalia V. 2017. Pengaruh Pemberian Jus Buah Belimbing terhadap Perubahan Tekanan Darah Penderita Hipertensi di Panti Jompo. Jurnal Pembangunan Nagari 2(2):201-216.
https://ejournal.sumbarprov.go.id/index.php/jpn/article/view/37/25

Novia VR, Herlina MP A, Sartiwi W. 2019. Pengaruh Pemberian Jus Belimbing (Averrhoe Carambola Linn) terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi. Jurnal Kesehatan Saintika Meditory 1(2):17-32.
http://jurnal.syedzasaintika.ac.id/index.php/meditory/article/view/341/143

Nilai Gizi Belimbing Segar
https://nilaigizi.com/gizi/detailproduk/615/belimbing-segar 
Diakses pada 25 Juni 2021

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.