Instant Oatmeal vs Rolled Oatmeal, Mana yang Lebih Sehat ?

Sahabat Sehat, berbagai merk oatmeal kini beredar di pasaran. Dengan banyaknya pilihan, terkadang konsumen bingung harus memilih yang mana. Instant oatmeal dan rolled oatmeal adalah dua jenis yang sering ditemui. Lalu, sebenarnya apa bedanya dan manakah yang lebih sehat?

oatmeal
Foto: Pexels.com

Pemrosean Instant Oatmeal dan Rolled Oatmeal

Rolled oatmeal disebut juga sebagai oatmeal klasik. Diproduksi dengan mengukus dan menggulung (roll) oat kemudian diberi pressure untuk membuat serpihan lebih tipis sehingga disebut “rolled oats”. Ini karena kulit arinya telah dihilangkan, kandungan proteinnya lebih rendah jenis steel cut oat. Sisi positifnya, rolled oat memiliki umur simpan lebih lama dibanding steel cut oat.

Instan oat diproduksi dengan tujuan kepraktisan. Dalam produksinya jenis ini dimasak dan dikeringkan oleh produsen dan hasil akhir oat memiliki konsistensi seperti tepung. Konsistensi yang demikian menyebabkan instan oat menjadi lembek setelah diberi air hangat. Guna menyiasati konsistensi lembek ini, instant oat umumnya memiliki berbagai rasa.

Rasa, Tekstur dan Kepraktisan

Preferensi pada jenis instant oatmeal dan rolled oatmel bergantung pada kesukaan terhadap rasa, tekstur dan konsiderasi lain. Karena oat instan telah dimasak sebelumnya, oat menjadi lebih lembut dan halus, sehingga menghasilkan tekstur lembek seperti bubur. Rolled oat ngga melewati proses pemasakan dan cenderung mempertahankan struktur, sehingga tekstur yang dimiliki lebih nuttier dan lebih creamy. Instant oatmeal tersedia dalam berbagai rasa guna meningkatkan penerimaan konsumen. Namun, penambahan flavour berarti penambahan gula, garam, dan zat aditif lainnya.

kandungan gizi oatmeal
Foto: Pexels.com

Dari segi praktis, tentunya instant oatmeal dapat disiapkan ekstra cepat dengan menambahkan air panas dan langsung bisa disantap. Rolled oat membutuhkan waktu 10 menit matang jika dimasak di atas kompor. Bila dimasak dalam microwave butuh waktu sekitar tiga menit. Rolled oat memiliki konsistensi cukup padat dan menahan air sehingga cocok untuk bahan pembuatan overnight oat, granola, biskuit, dan muffin.

Fakta Kandungan Zat Gizi

Menurut USDA, instant oatmeal rasa plain dan rolled oatmeal memiliki kandungan zat gizi yang mirip. Dalam 1 porsi oat terkandung energi sebesar 165 kalori, 6 g protein, 3,5 g lemak, 28 g karbohidrat, 4 g serat, dan 0,6 g gula. Namun, seringkali kandungan gula dalam instant oatmeal dengan rasa tertentu lebih tinggi dibanding rolled oatmeal. Pada instant oatmeal berasa tambahan gula bisa mencapai 12 g, dibanding rolled oatmeal yang hanya mengandung 1 g gula.

Aspek Gizi Kesehatan

Instant oatmeal memiliki indeks glikemik yang lebih tinggi daripada rolled oatmeal karena pemrosesan ekstra dari oat instan. Instant oatmeal instan memiliki indeks glikemik 83, sedangkan rolled oatmeal memiliki indeks glikemik 55. Mengetahui indeks glikemik makanan penting terutama jika kadar gula darah menjadi perhatian. Menghindari lonjakan gula darah adalah bagian penting dari mengonsumsi makanan sehat.

Sahabat Sehat, jika kita berbicara dari aspek kesehatan rolled oatmeal menjadi pilihan lebih baik. Namun, jika kamu memiliki konsiderasi seperti rasa dan kepraktisan, instant oatmeal bisa jadi pilihan paling tepat.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Grace, K. 2022. Instant Oatmeal vs Oatmeal: What’s The Difference?. https://foodsforantiaging.com/instant-oatmeal-vs-oatmeal-whats-the-difference/. Diakses 9 Juni 2022.

Rogers, J. 2022. Instant vs Regular Oats: Which Is Healthier?. https://spoonuniversity.com/lifestyle/instant-vs-regular-oats. Diakses 9 Juni 2022.

Schuna, C. 2018. Instant Oatmeal Vs. Cooked Oatmeal. https://healthyeating.sfgate.com/instant-oatmeal-vs-cooked-oatmeal-6777.html. Diakses 9 Juni 2022.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.