Kronotipe: Kamu Tipe Pagi atau Malam?

Sahabat Sehat, pernah mendengar istilah kronotipe? Atau ini pertama kali kamu mendengarnya? Padahal kronotipe memiliki pengaruh terhadap kesehatan dan menjadi suatu hal yang melekat dalam diri kamu. Benarkah seperti itu? Yuk mengenal kronotipe dan pengaruhnya untuk kesehatanmu. Check it out!

mengenal kronotipe dan irama sirkandian
Foto: Unsplash.com

Mengenal Kronotipe dan Irama Sirkadian

Kronotipe merupakan cerminan dari kebiasaan setiap individu dalam memilih pola tidur atau waktu dalam memulai aktivitas. Sedangkan irama sirkadian merupakan siklus atau fluktuasi perubahan dari suhu tubuh, tingkat hormon, dan tidur yang terjadi selama 24 jam yang dipengaruhi oleh jam biologis tubuh. Tipe kronotipe dibagi menjadi tipe pagi yaitu orang yang bangun dan tidur lebih awal. Sedangkan tipe malam biasanya untuk orang yang mulai beraktivitas disiang hari lebih lambat dan waktu tidurnya terlambat atau larut malam.

Kronotipe dan Kardiovaskular

Orang dengan kronotipe tipe malam ternyata memiliki status imunitas yang kurang baik karena rentan mengalami desinkronisasi osilator internal. Kondisi tersebut bisa menyebabkan terjadinya penurunan fungsi dari sistem pengendalian sirkardian, sehingga tubuh lebih rentan untuk menderita suatu penyakit.

Selain itu penelitian pada siswa SMA menujukkan bahwa kronotipe memiliki hubungan dengan prilaku merokok. Siswa yang memiliki kronotipe malam lebih banyak yang merokok jika dibandingkan dengan yang memiliki kronotipe pagi. Maka banyak ahli yang menyarankan untuk mengubah kebiasaan dari kronotipe malam ke pagi untuk megurangi kebiasaan merokok dan mencegah timbulnya penyakit kardiovaskular.

Kronotipe dan Stres

Gangguan pada ritme sirkardian bisa menyebabkan permasalahan kesehatan dan perilaku. Salah satu permasalahan yang sering dialami yaitu stres, terutama pada remaja yang biasanya mengalami pergeseran dari kronotipe pagi ke malam. Berdasarkan penelitian terhadap 71 siswa SMA, diketahui bahwa kronotipe memiliki pengaruh terhadap stres yang dialami. Siswa dengan kronotipe malam lebih besar kemungkinannya untuk mengalami stres dibandingkan tipe pagi.

Kronotipe dan Obesitas

kronotipe dan hubungannya dengan obesitas
Foto: Freepik.com

Kronotipe ternyata memiliki pengaruh terhadap risiko seseorang mengalami obesitas, loh! Seseorang yang termasuk tipe malam atau memiliki waktu tidur yang terlambat memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengalami obesitas jika dibandingkan dengan mereka yang tersmuk kronotipe pagi. Hal ini dihubungan dengan kemungkinan untuk mengkonsumsi makanan tinggi kalori dan makanan cepat saji setelah pukul 8 malam. Selain itu pada orang yang suka tidur malam atau begadang memiliki kencenderungan untuk lapar tengah malam dan mengkonsumsi makanan instan.

Kamu sudah mulai tahu banyak kan tentang kronotipe, sekarang kamu bisa mulai menganalisa diri kamu sendiri termasuk tipe pagi atau malam. Setelah kamu tahu fakta diatas, yuk mulai perbaiki pola tidur dan aktivitas kamu. Semoga sehat selalu Sahabat Sehat!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Hubungan Antara Kronotipe Dengan Perilaku Merokok
Pada Siswa SMA Negeri 2 Sukoharjo. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/50140. Diakases Pada 9 September 2021.

Hubungan Antara Kronotipe Dengan Risiko Penyakit Kardiovaskuler Pada Peserta Posyandu Lansia Di Kecamatan Kartasura. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/49367 Diakases Pada 9 September 2021.

Pengaruh Kronotipe dan Jet Lag Sosial Terhadap Tingkat Stres Pada Siswa Sma Negeri Colomadu. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/62443Diakases Pada 9 September 2021.

Hubungan Antara Kronotipe Dengan Bmi(Body Mass Index) Pada Siswa Sma Negeri 4 Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/50525 Diakases Pada 9 September 2021.

Pengaruh Kronotipe Dan Jetlag Sosial Terhadap Bmi (Body Mass Index) Pada Siswa Sma Negeri Colomadu. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/62575  Diakases Pada 9 September 2021.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.