5 Makanan yang bisa Memperbaiki Mood Kamu!

Teman Sehat, pernah ngga sih ngerasa tiba-tiba mood kamu terganggu karena sesuatu hal? Tugas kuliah yang banyak, tekanan pekerjaan, atau semudah terlalu lama self quarantine di masa pandemi ini? Yap, hal ini bisa saja membuat mood ngga karuan. Nah, agar kamu ngga kelamaan bad mood, ternyata ada loh makanan yang bisa memperbaikinya! Let’s check it out!

1. Salmon

Salmon diketahui memiliki kandungan DHA sebanyak 1,24 g dan EPA 0,59 g. Apa sih DHA dan EPA? Docosahexaenoic acid (DHA) dan Eicosapentaenoic acid (EPA) merupakan dua jenis senyawa omega-3. Omega-3 merupakan asam lemak ngga jenuh yang cuma bisa didapatkan melalui makanan, salah satunya ikan salmon.

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa zat omega-3 berperan dalam memperbaiki mood seseorang, loh! Salah satunya penelitian yang diterbitkan oleh National Library of Medicine bahwa omega-3 memiliki peran dasar terhadap struktur dan fungsi otak, termasuk dalam menurunkan risiko depresi.

2. Pisang

Buah tropis yang udah ngga asing lagi bagi orang Indonesia ini memiliki kandungan vitamin B6 yang berperan menghasilkan hormon bahagia, seperti dopamin dan serotonin untuk mengontrol emosi. Ngga cuma itu, pisang juga kaya akan serat yang baik untuk kesehatan, loh!

3. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian kaya akan mineral seperti zink (Zn) dan selenium (Se) yang berperan dalam meningkatkan fungsi otak, loh. Selain itu, kacang-kacangan dan biji-bijian seperti almond, mete, kenari, kacang tanah, biji bunga matahari, dan wijen juga mengandung zat triptofan yang bisa menghasilkan serotonin untuk meningkatkan mood kamu.

4. Cokelat

Siapa di sini yang ngga suka cokelat? Makanan yang berasal dari biji kakao ini ternyata bisa memengaruhi fungsi otak (kognitif) dan mood seseorang, loh! Cokelat, khususnya cokelat hitam (dark chocolate) dipercaya memiliki kandungan flavonoid atau zat antioksidan yang bisa meningkatkan kesehatan otak.

5. Yogurt

Yogurt merupakan salah satu makanan fermentasi yang kaya akan probiotik. Probiotik inilah yang mendukung pertumbuhan bakteri baik di usus, sehingga bisa meningkatkan kadar hormon serotonin atau si happy hormone.

Nah, itulah 5 makanan yang bisa kamu untuk memperbaiki perasaanmu! Cukup familiar dan mudah dijangkau, ‘kan? Tentunya, banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental. Selain dari makanan sehat, memperhatikan gaya hidup seperti rutin berolahraga dan menjaga hubungan sosial juga penting untuk dilakukan. Keep positive and keep healthy ya, Teman Sehat! Jangan lupa share artikel ini, ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *