Manfaat Aktivitas Fisik bagi Kesehatan Usia Lanjut

Aktivitas fisik perlu dijadikan sebagai to do list Sahabat Sehat karena manfaatnya yang luar biasa untuk kesehatan. Manfaat ini bisa dirasakan oleh semua orang, termasuk masyarakat kelompok usia lanjut. Ini dia manfaat aktivitas fisik yang bisa dirasakan oleh usia lanjut, serta jenis aktivitas dan frekuensi kegiatannya yang perlu Sahabat Sehat cermati!

aktivitas fisik
Foto: Freepik.com

Manfaat kesehatan bagi usia lanjut

Manfaat aktivitas fisik bagi usia lanjut memberikan efek jangka pendek dan jangka panjang. Manfaat jangka pendek yaitu meningkatkan kualitas tidur, menurunkan risiko kecemasan, hingga menjaga tekanan darah normal, sedangkan manfaat jangka panjangnya yaitu meningkatkan kesehatan otak dan jantung, meningkatkan kekuatan tulang, keseimbangan dan koordinasi, hingga kemampuan hidup mandiri, serta menurunkan risiko kanker dan obesitas.

Meningkatkan Kesehatan Otak 

Demensia dan alzheimer menjadi gangguan kesehatan otak dengan jumlah yang cukup banyak dialami oleh masyarakat usia lanjut. Kegiatan fisik menjadi upaya yang dapat membantu mengurangi risiko demensia dan alzheimer. Aktivitas fisik yang teratur disertai keterampilan motorik yang baik juga bermanfaat bagi fungsi kognitif.

Menurunkan Risiko Kecemasan

Beberapa kelompok usia lanjut mengalami kondisi penarikan diri dari lingkungan sehingga dapat berakibat pada risiko gangguan kesehatan mental. Selain fungsinya untuk menjaga kesehatan otak, penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat mengurangi kecemasan dan depresi. Selain itu, olahraga dapat merilis hormon endorfin yang dapat berfungsi sebagai pereda stres danmeningkatkan kebahagiaan dan kepuasan.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Serangan jantung dan stroke menjadi risiko terbesar bagi usia lanjut. Aktivitas fisik yang dilakukan dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan memberikan kualitas jantung yang lebih baik.

Meningkatkan Fleksibilitas dan Kekuatan

Nyeri osteoartritis dapat menyebabkan masalah bagi lanjut usia karena persendian dan otot menjadi kaku dan sulit bergerak. Meskipun kegiatan fisik tidak dapat mengembalikan kondisi persendian, kegiatan fisik dapat menjaga pergerakan otot dan sendi sehingga lebih nyaman dalam bergerak. Latihan kekuatan otot yang tepat juga dapat memperkuat otot agar dapat bergerak secara mandiri.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Tidur yang cukup telah terbukti mengurangi risiko gangguan kesehatan fisik dan mental. Aktivitas fisik dapat membantu menyeimbangkan pola pikir dan kelelahan fisik, sehingga memicu tidur yang berkualitas.

kualitas tidur
Foto: Freepik.com

Membantu Mencegah Penyakit Kronis

Aktivitas fisik mampu menurunkan risiko terhadap sejumlah penyakit kronis, seperti penyakit kardiovaskular, kanker usus besar, diabetes, obesitas, hingga hipertensi. Bagi penderita penyakit kronis, aktivitas fisik dapat mengurangi timbulnya gejala penyakit. Sebuah studi menunjukkan bahwa pasien berusia di atas 60 tahun menunjukkan lebih sedikit tanda penyakit Alzheimer ketika melakukan olahraga 30 menit setiap hari.

Jenis aktivitas fisik untuk usia lanjut

Aktivitas fisik untuk lansia baiknya menggabungkan antara latihan aerobik, latihan kekuatan/resistensi, dan latihan peregangan/fleksibilitas. Beberapa jenis aktivitas fisik yang dapat direkomendasikan oleh Sahabat Sehat untuk orang tua disekitar kita diantaranya yaitu yoga, pilates, latihan aerobik dan latihan kekuatan.

Banyak sekali ya manfaat yang dapat diperoleh bagi usia lanjut saat rutin melakukan aktivitas fisik. Jadi, masihkah ada alasan untuk menunda melakukan aktivitas fisik?

Referensi

Anonim. 2024. 10 Benefits Of Physical Activity For The Elderly People. https://wisechoiceihc.com.au/10-benefits-of-physical-activity-for-the-elderly-people/. Diakses pada 01 Juni 2024.

Anonim. 2024. Physical activity for seniors. Department of Health, State Government of Victoria. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/physical-activity-for-seniors. Diakses pada 01 Juni 2024.

Anonim. 2024. The Life-Changing Benefits of Exercise After 60. National Council on Aging. https://www.ncoa.org/article/the-life-changing-benefits-of-exercise-after-60. Diakses pada 01 Juni 2024.

Anonim. 5 Benefits of Exercise for Seniors and Aging Adults. The GreenFields Continuing Care Community. https://thegreenfields.org/5-benefits-exercise-seniors-aging-adults/. Diakses pada 01 Juni 2024.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.