Sulit Menyelesaikan To-do-list? Yuk, Buat Ta-da-list!

Teman Sehat, pernah ngga kamu merasa harimu ngga produktif? Kamu sudah coba membuat daftar rencana kegiatanmu atau to-do-list, tetapi di akhir hari kamu kecewa karena ngga semua rencanamu terlaksana. Gimana kalau sudah begini, ya? Ngga perlu khawatir, kamu bisa ubah kebiasaan menulis daftar kegiatanmu dengan ta-da-list loh! Mau tahu lebih lanjut? Simak informasi berikut ini, ya!

Ta-da-list, apakah itu?

to-do-list, ta-da-list
Foto: Unsplash.com

Berbeda dengan to-do-list atau daftar kegiatan yang akan dilakukan, ta-da-list merupakan daftar kegiatan yang telah behasil diselesaikan. Gretchen Rubin, seorang penulis buku bestseller yang telah mempelajari tentang kebahagiaan dan sifat manusia selama lebih dari satu dekade.

Dalam wawancaranya dengan CBS This Morning, ia mengatakan bahwa daripada menulis to-do-list, sebaiknya tulislah ta-da-list. Hal ini disebabkan karena sebagian orang ngga suka diatur, bahkan oleh daftar pekerjaan yang mereka buat sendiri. Mereka cenderung merasa terbebani dan pada akhirnya malah membuat ngga ada kegiatan yang terselesaikan.

Bluma Zeigarnik seorang psikiater asal Rusia menemukan fenomena pada tahun 1920-an, bahwa hal yang ngga terselesaikan dan terabaikan akan meninggalkan rasa ‘gatal’ pada sistem kognitif. Hal yang membuat kamu malah merasa ngga produktif, apalagi jika masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan.

Bagaimana membuatnya?

Kamu bisa menulisanya setelah menyelesaikan tugas ataupun pekerjaan pada selembar kertas dan menghiasnya dengan sticker atau penanda pada setiap tugas yang telah diselesaikan.

Tugas yang seperti sih, yang boleh dituliskan pada ta-da-list? Apakah harus pekerjaan yang sulit? Jawabannya yaitu, kamu boleh menuliskan pekerjaan apapun yang telah dilakukan pada hari itu.

Mungkin kamu ngga sadar jika telah melakukan banyak hal! Bahkan hal sederhana seperti merapihkan tempat tidur, memberi makan peliharaan, hingga membuat janji dengan dokter merupakan pekerjaan yang berharga.

Manfaat membuat ta-da-list

to-do-list
Foto: Pixabay.com
  1. Membuat semangat dan termotivasi

Menuliskan hal yang telah diselesaikan setiap hari pada ta-da-list, secara ngga langsung bisa memberikan kepuasan pada diri sendiri. Dengan begitu, kamu bisa lebih menghargai diri sendiri dan merasa bersemangat untuk menyelesaikan pekerjaan di hari berikutnya!

  1. Lebih bebas dan ngga terikat

Daftar pekerjaan yang dibuat pada to-do-list tentunya ngga selalu berjalan sesuai rencana. Misalnya, jadwal rapat yang tertunda atau seorang teman yang membatalkan janji temu.

Hal itu mungkin membuat kamu terbebani karena ngga berhasil melakukan kegiatan tersebut. Sedangkan saat membuat ta-da-list, kamu ngga perlu merasa khawatir dengan kegiatan yang belum terlaksana.

  1. Mengulas kegiatan yang telah dilakukan

Yap, menulis ta-da-list membuat kamu lebih mudah mengulas kegiatan apa saja yang telah dilakukan pada hari tersebut. Mulai dari tugassederhana hingga yang tersulit. Kamu jadi tahu apa saja yang bisa diperbaiki untuk hari selanjutnya!

Nah, itulah ulasan mengenai ta-da-list. Bagaimana pendapat Teman Sehat, apakah bisa membuat lebih produktif? Jangan lupa bagikan informasi ini  ya!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Gretchen Rubin: Instead of a to-do list, try a “ta-da list”
https://www.cbsnews.com/news/gretchen-rubin-instead-of-a-to-do-list-try-a-ta-da-list/
Diakses pada 14 Januari 2021

Self-Care, Productivity, and Leisure, or Dimensions of Occupational Experience? Rethinking Occupational “Categories”
https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/000841740907600208
Diakses pada 18 Januari 2021

Remembering and Regretting: The Zeigarnik Effect and the Cognitive Availability of Regrettable Actions and Inactions
https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/0146167297233004
Diakses pada 18 Januari 2021

Memory for incomplete tasks: A re-examination of the Zeigarnik effect
https://www.researchgate.net/publication/254731324_Memory_for_incomplete_tasks_A_re-examination_of_the_Zeigarnik_effect
Diakses pada 18 Januari 2021

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.