Manfaat Konsumsi Pangan Kaya Antioksidan

Teman Sehat, kamu pernah tahu informasi ini ngga? Kalau mengonsumsi bahan pangan kaya antioksidan, bisa menjaga sel tubuh kamu supaya tetap muda, loh! Seperti konsumsi buah, sayur dan bahan pangan lainnya. Tapi, sebenarnya kamu tau ngga sih, apa itu antioksidan dan manfaatnya bagi tubuh? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Antioksidan

Antioksidan merupakan zat yang terkandung di dalam bahan pangan dan bisa mencegah atau memperlambat terjadinya kerusakan dalam tubuh akibat radikal bebas. Radikal bebas atau zat ‘jahat’ ini, terbentuk terus-menerus didalam tubuh. Zat ini terbentuk akibat kurangnya asupan zat gizi, peradangan, dan polusi di  lingkungan seperti asap rokok.

Lalu, apa aja ya, manfaat yang bisa kamu dapatkan selain mencegah radikal bebas? Yuk, simak penjelasannya! Let’s check it out!

Manfaatnya bagi tubuh

  • Menghambat proses penuaan

Antioksidan bisa menghambat proses penuaan, loh! Hal ini disebabkan kandungan nya di dalam buah, sayur, dan bahan pangan yang kamu konsumsi, akan menjaga sel tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari zat radikal bebas. Proses penuaan bisa terjadi, karena seringnya kamu terpapar sinar matahari, terlalu capek, dan stress yang berlebihan.

  • Mencegah Penyakit Degeneratif

Apa sih penyakit degeneratif? Yap, penyakit degeneratif merupakan penyakit yang timbul akibat ngga optimalnya kerja sel tubuh sehingga kerjanya menjadi buruk.  Contoh penyakitnya yaitu, stroke, diabetes, penyakit jantung dan kanker. Konsumsi makanan dengan kandungan antioksidan, akan membuat sel tubuh kamu terawat dan tercegah dari penyakit degeneratif.

  • Memperkuat Otot

Menurut Kesuma, zat antioksidan yang terdapat pada vitamin C dan vitamin E, bisa memperkuat otot, loh! Asupan bahan pangan yang mengandung kedua vitamin tersebut, mempunyai fungsi yang penting dalam menjaga otot orang dewasa. Kamu bisa mengonsumsi bahan pangan yang mengandung vitamin C dan vitamin E, seperti jeruk, brokoli, asparagus, dan sebagainya.

  • Mencegah Stress

Antioksidan bisa mengurangi dan mencegah stres yang kamu rasakan, loh! Salah satu jenis stress yang bisa dicegah adalah stress oksidatif, yaitu stres yang terjadi karena kondisi ketidakseimbangan di dalam tubuh, akibat jumlah radikal bebas yang lebih banyak.

Yuk, konsumsi bahan pangan ini!

Berikut ini, beberapa bahan pangan kaya antioksidan yang bisa kamu konsumsi sehari-hari, yaitu buah-buahan (kurma, kiwi, anggur, apel, strawberry, blueberry, dan sebagainya), dan sayuran (wortel, brokoli, bayam, kentang, tauge, asparagus dan sebagain). Ngga cuma buah dan sayur aja, loh tapi juga teh, bawang putih, temulawak, hati, susu, ikan, cokelat dan kacang-kacangan.

Gimana Teman Sehat? Ternyata banyak sekali kan manfaat yang bisa kamu dapat? Yuk, perbanyak konsumsi makanan kaya antioksidan, agar tubuh kamu tetap awet muda dan bebas dari stres. Jangan lupa, tetap lakukan pola hidup sehat agar tubuh kamu tetap sehat dan bugar!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *