Sugary Six, 6 Makanan Kontributor Asupan Gula Tertinggi

Sahabat Sehat, setelah sebelumnya kamu sudah membaca mengenai salty six, perlu juga mengetahui tentang sugary six. Dari kata “sugary”, kamu pasti sudah bisa menebak bahwa komponen gula yang menjadi perhatian utama. Lalu, apa saja makanan dan minuman yang masuk dalam sugary six?

Sekilas Mengenai Gula

Gula adalah nama generik untuk karbohidrat larut yang rasanya manis dan sering ditambahkan pada pangan. Struktur kimia gula hanya mengandung dua molekul, yaitu satu molekul glukosa terikat pada satu molekul fruktosa. Gula secara alami bisa ditemukan pada makanan berkarbohidrat, seperti buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, dan susu.

makanan tinggi gula
Foto: Pixabay.com

Gula memiliki reputasi buruk dalam hal kesehatan. Gula sebagai kandungan pada makanan utuh ngga menjadi ancaman dikarenakan pangan utuh juga dilengkapi dengan zat gizi lainnya. Pangan nabati mengandung serat, mineral penting, dan antioksidan dalam jumlah tinggi, dan pangan turunan susu mengandung protein dan kalsium yang dibutuhkan tubuh. Kekhawatiran muncul ketika gula ditambahkan sebagai zat aditif.

Kekhawatiran atas Konsumsi Gula Berlebih

Terlalu banyak menambahkan gula bisa menjadi salah satu ancaman terbesar penyakit kardiovaskular. Sebuah studi pada tahun 2014 dalam JAMA Internal Medicine menemukan hubungan antara diet tinggi gula dan risiko kematian akibat penyakit jantung. Studi selama 15 tahun menunjukkan orang yang mengonsumsi 17%-21% kalori dari gula tambahan memiliki risiko 38% lebih tinggi meninggal akibat penyakit kardiovaskular dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi 8% kalori sebagai gula tambahan.

Apa itu Sugary Six?

Istilah sugary six digunakan oleh American Heart Association untuk menyebut enam jenis makanan berkadar gula tinggi yang bisa melebihi rekomendasi harian. American Heart Association menyarankan agar wanita mengonsumsi < 100 kalori (± 6 sendok teh atau 24 g) dan pria < 150 kalori (± 9 sendok teh atau 36 g) gula tambahan per hari.

menganl sugary six
Foto: Pexels.com

Soda dan Minuman Berenergi

Satu kaleng soda mengandung ± 10 sendok teh gula. Proporsi intake 42,2% menunjukkan bahwa mayoritas populasi mendapatkan asupan gula utama dari konsumsi soda.

Minuman Berperisa dan Punches

Minuman berperisa menjadi penyumbang gula tambahan tertinggi No. 1 di AS dibanding kadar gula produk lain. Punches seberat 8 ons bisa mengandung 13 gram gula.

Permen dan Manisan

Sebatang cokelat 1,5 ons mengandung 21 gram gula. Permen menyumbang 5% rerata proporsi intake.

Kue dan Pastry (Grain-Based Dessert)

Satu cupcake icing chocolate mengandung ± 18 g gula. Konsumsi satu cupcake setara dengan ½ rekomendasi harian bagi laki-laki.

Dessert dan Produk Susu

Es krim vanila ukuran 1 cangkir bisa mengandung 27 g gula. Jumlah ini sudah melebihi rekomendasi gula harian bagi perempuan dan anak.

Menu Sarapan Manis

Ready-to-eat-meal di era modern ini didominasi oleh menu sarapan manis. Sereal manis, oatmeal varian rasa, milkshake, dan sereal batangan kaya akan gula tambahan. Sereal rasa stroberi bisa mengandung 12 gram gula.

Sahabat Sehat, ada baiknya mulai sekarang mulai memperhatikan nutrition fact pada kemasan untuk memantau gula harian. Nah, buat kamu penggemar kopi dan teh, usahakan untuk membatasi tambahan gula berlebih di cangkirmu ya.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

American Heart Association. The Sugary 6 Infographic. https://www.heart.org/en/healthy-living/healthy-eating/eat-smart/sugar/sugary-six. Diakses 9 Juni 2022.

Harvard Health Publishing. 2022. he sweet danger of sugar. https://www.health.harvard.edu/heart-health/the-sweet-danger-of-sugar. Diakses 9 Juni 2022.

Shan Z, Guo Y, Hu FB, Liu L, Qi Q. Association of Low-Carbohydrate and Low-Fat Diets With Mortality Among US Adults. JAMA Intern Med. 2020;180(4):513–523. doi:10.1001/jamainternmed.2019.6980

The Sugar Association Inc. 2022. What is Sugar ?. https://www.sugar.org/sugar/what-is-sugar/. Diakses 9 Juni 2022.

/su_spoiler]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.