Mengenal Rasio Kalsium dan Fosfor untuk Tulang

Halo Sahabat Sehat! Sudah tahu kalsium dan fosfor? Dua mineral makro ini seringkali dikaitkan kesehatan gigi dan tulang. Keduanya memang dibutuhkan untuk tubuh, orang dewasa butuh kalsium 1000-1200 mg per hari dan fosfor 700 mg per hari. Berkaitan dengan hal itu, apakah kamu tahu tentang rasio kalsium dan fosfor? Kenali lebih dalam pentingnya rasio kalsium dan fosfor dari penjelasan berikut.

mengetahui rasio kalsium dan fosfor
Foto: Freepik.com

Apa itu rasio kalsium dan fosfor?

Rasio ini merupakan perbandingan kalsium dan fosfor yang disarankan dalam suatu produk pangan. Berapa rasio yang pas? Menurut BPOM Nomor 24 tahun 2019  tentang Pengawasan Pangan Olahan untuk Keperluan Gizi Khusus, bahwa perbandingan minimun  1:1, dan maksimum 2:1.

Apa tujuan dari rasio ini? Nantinya, rasio ini membantu kalsium dan fosfor untuk bekerja efektif dalam tubuh, membuat sel osteoblas yang berperan dalam pembentukan dan pengembangan tulang bisa lebih optimal dalam proses mineralisasi dan menjaga kepadatan tulang.

Rasio kalsium dan fosfor untuk keperluan khusus

Apakah kamu pernah minum susu diet pengontrol berat badan? Nah, rasio kalsium dan fosfor didalmanya berbeda, loh! Produk pangan yang bertujuan menggantikan sebagian makanan utama dan mengontrol berat badan, baik cair atau bubuk seperti susu, atapun padat punya ketentuan rasio kalsium dan fosfor 1,5-2 :1, dengan minimum  kalsium 400 mg dan maksimal 550 mg. Sedangkan fosfor 250 mg dan maksimal 350 mg

Hal itu berbeda lagi dengan produk pangan untuk bayi prematur, rasionya adalah 1,5-2:1 dengan minimum kalsium 92,3 mg/100 Kkal dan maksimal 185 mg/100 Kkal. Sedangkan minimum fosfor adalah 55 mg/100 Kkal dan maksimal 111 mg/100 Kkal.

Bagi bayi atau balita yang mengalami masalah gizi seperti gizi kurang atau gagal tumbuh, disarankan mengonsumsi produk dengan rasio kalsium dan fosfor 1,2:1 atau 2:1. Selain itu, juga memenuhi batas minimal, untuk anak usia 0 hingga 12 bulan kalsium harus 23 mg, dan fosfor 12 mg, sedangkan untuk anak 12 bulan keatas kalsium 54 mg, dan fosfor 45 mg.

Pentingnya rasio kalsium dan fosfor

Ada yang sama dari berbagai macam rasio kalsium dan fosfor, yaitu jumlah kalsium pasti lebih banyak atau sama dengan fosfor. Jumlah fosfor ngga boleh melebihi asupan kalsium, kenapa? Rasio fosfor yang lebih tinggi dibandingkan kalsium bisa menurunkan penyerapan kalsium, tentunya ini bisa membuat manfaatnya jadi ngga efektif.

mengetahui rasio kaslium dan fosfor
Foto: Pixabay.com

Misal rasionya sudah tepat, lalu bagaimana jika jumlah kalsium atau fosfor tidak memenuhi ketentuan? Dalam hal ini maksudnya jumlah minimum atau maksimum dalam miligram. Berdasarkan BPOM nomor 13 tahun 2016, asupan kalsium yang melebihi 2000 mg perhari justru ngga memberikan manfaat untuk memelihara kepadatan tulang.

Begitu pula kalsium dan fosfor yang rendah atau ngga memenuhi jumlah minimum bisa membuat pertumbuhan tulang jadi ngga tidak efektif.  Selain itu, asupan fosfor yang terlalu tinggi dan kalsium yang kurang bisa menyebabkan kejang.

Jadi, rasio kalsium dan fosfor harus sesuai, serta dengan jumlah antara batas minimum dan maksimum yang tepat. Hal ini penting diketahui, apalagi produk pangan untuk anak yang bertujuan mengatasi masalah gizi atau tumbuh kejar. Jika jumlah minimum, maksimum, atau rasio ngga sesuai bisa menimbulkan dampak yang fatal bagi anak.

Yuk jadi smart consumer dengan lebih teliti daat melihat label pada kemasan mengenai nilai informasi gizi. Jika perlu, jangan ragu untuk konsultasikan dengan ahli gizi, ya Sahabat Sehat!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

BPOM Nomor 13 Tahun 2016 Tentang Klaim pada Label dan Iklan Pangan Olahan.

BPOM. Nomor 24 tahun 2019 Tentang Pengawasan Pangan Olahan untuk Keperluan Gizi Khusus.

Nucleus Medical Media. 2014. Osteoporosis. https://www.youtube.com/watch?v=eYGkT6OrBk0. Diakses 15 Oktober 2021

Permenkes No 28 Tahun 2019 Tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.