Olahraga di Saat Puasa, Perhatikan Waktunya!

Halo Teman Sehat! Banyak masyarakat kini memiliki kesadaran untuk hidup aktif lewat berolahraga. Selain untuk tujuan diet tertentu, rutinitas olahraga sangat membantu tubuh untuk tetap sehat. Nah, gimana nih jika harus berolahraga saat berpuasa? Bahaya ngga sih? Yuk simak tulisan berikut!

Sumber: pixabay.com

Kondisi tubuh selama puasa

Secara fisiologis, berpuasa berarti membatasi asupan makanan dan minuman dari waktu fajar hingga terbenamnya matahari. Durasi berpuasa berbeda-beda tergantung letak geografis masing-masing daerah. Di Indonesia sendiri, puasa berlangsung kurang lebih 12-14 jam ya. Nah! durasi berpuasa tentu sangat berpengaruh terhadap fisiologis tubuh ya Teman Sehat! Saat berpuasa, tubuh akan melakukan adaptasi fisiologis yang bertujuan untuk mempertahankan keseimbangan energi dan cairan.

Olahraga selama berpuasa

Terjadinya perubahan fisiologis dalam tubuh selama berpuasa, ngga menjadi alasan untuk berhenti berolahraga atau untuk berhenti memulai rutinitas berolahraga loh! Faktanya, melanjutkan rutinitas olahraga selama berpuasa tidak menyebabkan munculnya risiko gangguan kesehatan tubuh kamu. Jika kamu termasuk orang yang rutin berolahraga sebelum bulan ramadan ini, dan menghentikannya selama berpuasa, kamu justru akan kehilangan capaian-capaian yang sudah kamu dapatkan selama olahraga sebelumnya.

Berolahraga dan berpuasa bisa berjalan beriringan tanpa menimbulkan bahaya apapun bagi tubuh. Menurut Dr Javaid Shah, Dokter Spesialis Fisik di Dubai, berolahraga saat tubuh berpuasa justru dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Olahraga selama berpuasa dapat membantu otak, sistem syaraf motorik, dan sel-sel otot tetap muda secara biologis. Selain itu, berolahraga selama berpuasa juga berkontribusi terhadap pemeliharaan berat badan loh!

Lalu, kapan baiknya berolahraga?

woman exercising indoors

Berolahraga saat berpuasa ataupun tidak, berdampak pada hilangnya sejumlah cairan dan mineral dari dalam tubuhmu. Oleh sebab itu, Teman Sehat dapat memilih waktu terbaik untuk berolahraga selama puasa. Kapan ya? Ternyata, ada dua waktu terbaik yang dapat kamu alokasikan untuk berolahraga selama berpuasa.

  • Sebelum berbuka puasa. Waktu sebelum berbuka dikatakan waktu yang baik untuk berolahraga karena pada waktu tersebut tubuh ngga memerlukan waktu yang lama untuk mendapatkan cairan dan mineral pengganti saat berbuka puasa tiba. Olahraga pada waktu ini membantu proses peremajaan tubuh lebih maksimal.
  • Setelah berbuka puasa. Olahraga setelah berbuka puasa dapat dilakukan ketika seluruh santapan berbuka udah tercerna sempurna, minimal 3 jam setelah berbuka puasa atau setelah kira-kira setelah melaksanakan ibadah tarawih. Setelah berbuka puasa, tubuh sudah mendapatkan asupan energi yang cukup untuk melakukan aktifitas fisik.

Selain memperhatikan waktunya, Teman Sehat juga perlu memperhatikan jenis olahraga yang dilakukan. Jika butuh banyak energi atau melakukan olahraga tingkat sedang hingga berat, maka waktu terbaik untuk berolahraga yaitu setelah beribadah tarawih. Tapi, jika olahraga yang dilakukan merupakan olahraga dengan intensitas ringan, maka olahraga dapat dilakukan sebelum waktu berbuka tiba.

Nah, tenyata Teman Sehat tetap bisa hidup aktif dan berolahraga selama Bulan Ramadan ya! So, tunggu apa lagi? Yuk, masukkan olahraga ke dalam to do list harian kamu!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, SGz

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.