Pentingnya Sarapan untuk Mencapai Diet Optimal

Sarapan pagi merupakan salah satu rutinitas positif yang semestinya dilakukan oleh setiap individu khususnya bagi anak dan remaja. Tapi nyatanya, masih banyak remaja di Indonesia yang sering melewatkan kegiatan sarapan, dengan berbagai alasan seperti bangun kesiangan, hingga alasan diet untuk mengurangi asupan karbohidrat. Tahukan kamu, kalau sarapan justru membantu menurunkan berat badan? Kok bisa, ya?

Kenapa sarapan itu penting?

Kenapa sarapan itu penting
Foto: Pexels.com

Sarapan merupakan kegiatan mengkonsumsi makanan dan minuman yang biasanya dilakukan sebelum jam 9 pagi, guna memenuhi 15-30% kebutuhan gizi harian, sehingga bisa lebih produktif.

Sarapan pagi termasuk ke dalam salah satu Pedoman Umum Gizi Seimbang, loh! Ternyata ini penting dilakukan, karena lambung membutuhkan asupan makanan setelah sebelumnya dibiarkan kosong selama 8-10 jam saat tidur.

Zat gizi yang dibutuhkan saat sarapan

Sarapan dikatakan baik jika bisa memenuhi kebutuhan gizi setiap individu yang disesuaikan dengan jenis kelamin, usia, serta aktivitas yang dilakukan. Oleh karena itu, hidangan di pagi hari sebaiknya tediri dari 6 zat gizi dibawah ini, yaitu:

  1. Karbohidrat

Merupakan salah satu jenis zat gizi terdiri atas unsur karbon (C), hidrogen (H), dan oksigen (O) dan bisa diperoleh dari beras, singkong, umbi, gandum, sagu dan lainnya. Kebutuhan karbohidrat bagi remaja (usia 10-18 tahun) yaitu sebesar 300-400 gram/hari.

  1. Lemak

Lemak bisa dperoleh dari jeroan, mentega, kuning telur, alpukat, minyak kelapa dan sebagainya, yang berfungsi sebagai sumber energi kedua setelah karbohidrat, melindungi organ vital dan melindungi tubuh dari suhu dingin. Remaja membutuhkan asupan lemak sebesar 70-85 gram/hari.

  1. Protein

Protein diperlukan untuk pembentukan dan perbaikan jaringan tubuh yang rusak, pembentuk sel darah, serta menjaga keseimbangan cairan tubuh. Zat gizi ini bisa diperoleh dari daging, susu, telur, ikan, kedelai (tempe dan tahu) dan lain sebagainya. Remaja putri membutuhkan asupan protein sebesar 65-70 gram/hari.

  1. Vitamin

Vitamin merupakan senyawa organik yang dibutuhkan dalam jumlah kecil supaya metabolisme, pertumbuhan dan perkembangan berjalan normal. Kamu bisa menemukannya di sayur dan buah. Kebutuhan vitamin bagi remaja putri berkisar 400-700 µg/hari.

  1. Mineral

Mineral merupakan bagian dari tubuh yang memegang peranan penting dalam pemeliharaan fungsi tubuh, baik pada tingkat sel, jaringan organ maupun fungsi tubuh secara keseluruhan. Biasanya banyak ditemukan dalam lauk pauk atau sayuran.

  1. Air

Air merupakan komponen terbesar dalam struktur tubuh manusia, 60-70% berat badan seseorang ternyata terdiri dari air, loh! Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk mengkonsumsi air 2 L atau setara denga 8 gelas sehari.

Manfaanya untuk menjaga diet optimal

sarapan utnuk menjaga berat badan supaya tetap ideal
Foto: Pexels.com

Dengan rutin melakukan makan di pagi hari, bentuk badan bisa lebih terjaga dan kemungkinan keberhasilan diet yang sedang dilakukan juga lebih besar, loh! Ketika bangun di pagi hari, tubuh akan merasa lapar sehingga memerlukan asupan makanan.

Menu makanan yang dikonsumsi saat sarapan bisa meningkatkan metabolisme untuk membakar lemak tubuh dan membuat rasa kenyang lebih lama. Selain itu, orang yang sudah makan saat pagi, cenderung lebih mampu menekan nafsu makan di siang hari. Sedangkan orang yang ngga sarapan biasanya akan mengonsumsi porsi yang lebih besar saat makan siang.

Nah Teman Sehat, jika kamu ingin menjaga berat badan yang ideal ngga ada salahnya untuk mulai rutin sarapan setiap pagi. Cukup dengan menu sederhana, tubuhmu bisa jauh lebih produktif seharian. Yuk, sarapan setiap hari.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti STP

Referensi

Astuty dkk. 2014. Persepsi Mahasiswa D-IV Kebidanan Tentang Diet Untuk Menurunkan Berat Badan Di Stikes Karya Husada Semarang.
http://stikesyahoedsmg.ac.id/jurnal/?p=65

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2014 tentang Pedoman Gizi Seimbang
hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK No. 41 ttg Pedoman Gizi Seimbang.pdf

http://repository.unimus.ac.id/667/3/BAB%20II%20KTI.pdf

http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/506/5/Chapter2.pdf

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.