Positive Parenting, Pola Asuh Ideal di Era Modern

Pola pengasuhan anak sangat menentukan kualitas perkembangannya, untuk itu dianjurkan kepada seluruh orang tua supaya bisa memilih pola pengasuhan yang tepat. Salah satunya dengan menerapkan positive parenting. Pola pengasuhan ini semakin populer di era modern karena tekniknya yang memfasilitasi interaksi orang tua dan anak dalam balutan kasih sayang dan tanggung jawab.

Apa yang dimaksud positive parenting?

Berdasarkan videografis dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, positive parenting dilakukan dengan memberikan kasih sayang secara penuh kepada anak. Oranng tua juga dianjurkan untuk mengutamakan kepentingan anak supaya tercipta hubungan yang hangat diantara keduanya. Terdapat beberapa manfaat pengasuhan positif yaitu meningkatkan kualitas interaksi anak dengan orang tua, mengoptimalkan tumbuh kembang anak, mencegah anak dari perilaku menyimpang, dan mendeteksi kelainan pada tumbuh kembang anak.

apa itu positive parenting
Foto: Pexels.com

Bagaimana positive parenting diterapkan?

Terdapat pendekatan yang bisa dilakukan orang tua dalam menerapkan positive parenting, yaitu berbicara lembut kepada anak, membiasakan diri untuk bertukar cerita, menyediakan waktu khusus bersama anak, melakukan hobi bersama, dan sikap positif lainnya yang meningkatkan bonding antara orang tua dan anak. Selama proses pendekatan tersebut, orang tua perlu menerapkan berbagai tindakan berikut dalam mengontrol tumbuh kembang anak agar sesuai dengan prinsip perilaku positif.

Menjadi Teladan yang Baik

Setiap orang tua sudah seharusnya menjadi teladan yang baik bagi anak-anaknya. Hal mendasar yang perlu dipahami, yaitu menjadikan anak seseorang yang baik dan hormat kepada sesama, serta peduli lingkungan melalui perilaku orang tua sebagai contoh. Dengan demikian, setiap anak bisa meniru, memahami dan meneladani sikap dan perilaku baik orang tuanya.

Menjadi Orang Tua yang Kreatif dalam Mendisiplinkan Anak

Saat menghadapi anak dengan tingkah ngga terduga atau rasa ingin tahu yang tinggi, janganlah merasa terbebani dan melampiaskan emosi tanpa kontrol. Dibandingkan memarahi atau menghukumnya, sebaiknya cobalah terapkan cara kreatif untuk mengajaknya berdiskusi tentang perilaku buruknya, memahami dan mengontrol emosinya, serta mengajaknya bercerita.

menerapkan positive parenting dalam mendidik anak
Foto: Pexels.com

Mengutamakan Kesabaran

Pola asuh ini juga sangat menekankan pada perilaku positif dan pembentukan karakter anak. Kebiasaan yang baik dan prinsip hidup yang terarah merupakan output dari pola asuh positif. Oleh karena itu, bimbinglah anak dengan penuh kesabaran supaya mereka mengerti bahwa orang tuanya sangat menyayanginya dan menginginkan yang terbaik untuknya.

Menetapkan Batasan

Kedisiplinan merupakan kunci membentuk karakter dan perilaku anak. Metode pengasuhan positif ini menerapkan kedisiplinan sebagai batasan yang perlu dipatuhi anak dan terdapat konsekuensi jika dengan sengaja melanggar batas. Pastikan bahwa batasan ini konsisten dan bisa dipatuhi oleh anak setiap waktu. Bersamaan dengan itu, berilah pengertian mengenai pentingnya kedisiplinan dan manfaatnya untuk kehidupan.

Memberikan Kesempatan pada Anak untuk Belajar dari Kesalahan

Belajar dari kesalahan merupakan kewajiban setiap orang, termasuk anak. Ajarilah anak untuk bertanggung jawab dengan cara menyadari kesalahan yang sudah diperbuatnya dan bersedia mempertanggungjawabkannya. Melalui proses belajar dari kesalahan, ia akan memperbaiki perilakunya dan memahami bagaimana perilaku yang benar.

Semua teknik penerapan positive parenting yang dijelaskan di atas merupakan alasan kuat mengapa cara ini sangat ideal di masa modern. Penanaman toleransi dan pengertian satu sama lain melalui peraturan yang disiplin, mampu membuat anak tergerak untuk berkompromi. Ciri anak modern yang kritis, aktif, dan selalu ingin tahu, sangat difasilitasi dengan implementasi pola asuh positif ini.

Editor & Proofreader: Zafira Rahrajanti, STP

Referensi

Adzani. 2021. Memahami Pola Pengasuhan Positif (Positive Parenting) dan Manfaatnya untuk Anak. https://www.sehatq.com/artikel/memahami-pola-pengasuhan-positif-positive-parenting-dan-manfaatnya-untuk-anak. Diakses pada 21 Juli 2021.

Iswandari. 2019. Apa Itu Pengasuhan Positif, dan Kenapa Penting Dilakukan Oleh Orangtua? https://hellosehat.com/parenting/anak-6-sampai-9-tahun/perkembangan-anak/pengasuhan-positif-parenting/. Diakses pada 21 Juli 2021.

Prasasti. 2018. Anak Tumbuh Bahagia dengan Pola Pengasuhan Positif. https://indonesiabaik.id/videografis/anak-tumbuh-bahagia-dengan-pola-pengasuhan-positif. Diakses pada 23 Juli 2021.

Our Rating

1.0 Overall Score

1

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.