Rumput Laut Ternyata Bergizi dan Bermanfaat, loh!

Sahabat Sehat, kamu pasti sudah ngga asing lagi dengan rumput laut yang biasa digunakan sebagai pembungkus sushi atau kimbab. Tapi, tahukah kamu bahwa rumput laut juga bisa digunakan sebagai bahan tambahan pangan?

Mengenal Rumput Laut

manfaat rumput laut
Foto: Freepik.com

Rumput laut merupakan makroalga yang terdapat di laut. Terdapat empat golongan rumput laut berdasarkan jenis pigmennya, antara lain Phaeophyta (rumput laut coklat), Chlorophyta (rumput laut hijau), Rhodophyta (rumput laut merah).

Indonesia adalah negara penghasil rumput laut yang sangat besar, tapi sayangnya pemanfaatannya di Indonesia masih sangat rendah. Padahal, rumput laut punya banyak sekali manfaat kesehatan, serta berpotensi sebagai bahan tambahan untuk meningkatkan kualitas produk pangan. Rumput laut juga bisa digunakan sebagai bahan obat-obatan, kosmetik, pakan ternak, hingga pupuk organik.

Kandungan Gizi Rumput Laut

Negara-negara Asia seperti Jepang, Korea, dan Tiongkok sudah lama mengonsumsi rumput laut karena kandungan gizinya yang tinggi. Rumput laut termasuk makanan rendah kalori yang kaya akan vitamin, mineral, asam lemak tak jenuh (omega-3 dan omega-6), protein, senyawa bioaktif, dan juga serat pangan. Hal ini membuat rumput laut ngga hanya dimanfaatkan sebagai makanan, tapi juga sebagai suplemen. 

Rumput laut digunakan untuk pencegahan dan pengobatan penyakit gondok karena memiliki kandungan iodin. Selain itu, senyawa bioaktif di dalamnya, seperti pigmen karotenoid, fukosantin, dan polifenol juga punya banyak manfaat bagi kesehatan. Mulai dari sebagai antioksidan, antidiabetes, antikanker, dan bisa mencegah obesitas, osteoporosis, hingga Alzheimer.

Sebagai Bahan Tambahan Pangan

mnfaat rumput laut sebagai bahan tambahan pangan
Foto: Freepik.com

Selain kaya akan kandungan gizi dan senyawa bioaktif, rumput laut juga memiliki fikokoloid seperti agar, alginat, dan karagenan. Kandungan ini dimanfaatkan dalam industri sebagai bahan pembentuk gel, penstabil, dan pengental. Agar ditemukan pada spesies Gracilaria dan Gelidium dan bisa juga disebut sebagai gelatin tumbuhan karena memiliki sifat membentuk gel, sehingga banyak digunakan dalam produk permen dan jeli. Alginat digunakan sebagai penstabil dan pengental pada es krim, jeli, sirup, jus buah, hingga produk-produk roti. 

Karagenan punya sifat mengikat air dan membentuk gel yang baik sehingga banyak sekali dimanfaatkan dalam berbagai macam produk. Karagenan terbagi menjadi kappa-karagenan, iota-karagenan, dan lambda-karagenan berdasarkan struktur kimianya. Karagenan umumnya digunakan dalam produk berbasis susu dan produk roti. Tapi karagenan yang berasal dari Euchema dan Kappaphycus juga bisa digunakan sebagai bahan pengganti lemak dalam produk berbasis daging sehingga membuat produk-produk tersebut tergolong lebih sehat. 

Nah itulah beragam manfaat rumput laut, mulai untuk kesehatan hingga manfaatnya dalam pengolahan produk pangan. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Penalver, R., Lorenzo, J. M., Ros, G., Amarowicz, R., Pateiro, M. dan Nieto, G. 2020. Seaweeds as  a Functional Ingredient for a Healthy Diet. Marine Drugs. https://www.mdpi.com/1660-3397/18/6/301/htm diakses pada 28 Agustus 2021. 

Ganesan, A. R., Tiwari, U., dan Rajauria, G. 2019. Seaweed nutraceuticals and their therapeutic role in disease prevention. Food Science and Human Wellness. http://website60s.com/upload/files/seaweed-nutraceuticals-and-their-therapeutic-role_2019_food-science-and-huma.pdf diakses pada 29 Agustus 2021.

Amaravathi, T. dan Parimalam, P. Functional properties of edible seaweeds and its use for value addition of foods. Asian Journal of Home Science. https://www.researchgate.net/profile/Amaravathi-Thirumoorthy/publication/315302241_Functional_properties_of_edible_seaweeds_and_its_use_for_value_addition_of_foods/links/5ce26d2a458515712eb6ac61/Functional-properties-of-edible-seaweeds-and-its-use-for-value-addition-of-foods.pdf diakses pada 29 Agustus 2021. 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.